Direksi Perumdam Tirta Tarum Karawang saat berkunjung ke Perumda Tirta Bhgasasi Bekasi. (humas)

Belajar Kerjasama Investasi: Perumdam Tirta  Tarum Karawang Kunjungi   Tirta Bhagasasi Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Keberhasilan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi Bekasi menjalin kerjasama dengan investor swasta untuk meningkatkan pelayanan air bersih kepada masyarakat, salah satu bentuk investasi yang sudan lama di perusahaan ini.

Kerjasama investasi  tersebut, dilakukan mengingat Penyertaan Modal (PM) dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi, yang terbatas. Kerjasama seperti ini sesuai  Peraturan Pemerintah (PP) nomor
122 tahun 2015 tentang ‘Sistem Penyediaan Air Minum, dan Peraturan Presiden
(Perpres) nomor 38 tahun 2018 tentang Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha
dalam penyediaan infrastruktur.

Atas keberhasilan itu, Direksi dan jajaran Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Tarum Karawang, Kamis (18/1/2024), melakukan studi tiru ke Tirta Bhagasasi.

Rombongan Perumdam Tirta Tarum tersebut diterima Direktur Teknik Johny Dewanto, Penjabat Direktur Umum Ahmad Firdaus, didampingi beberapa Kepala Bagian

Direktur Utama Perumdam Tirta Tarum Ade Didik Isnandar menyampaikan, kedatangannya bersama rombongan untuk mempelajari prosedur kerjasama dengan pihak ketiga yang sudah diterapkan di perusahaan penyedia kebutuhan air warga Bekasi tersebut.

“Tahun 2024 ini kami juga berkeinginan menerapkan pola kerja sama dengan pihak ketiga sebagai alternatif pembiayaan dalam upaya perluasan layanan. Studi langsung ke Bhagasasi ini dirasa tepat karena sudah mengimplementasikannya,” ucap Ade.

Ia mengatakan, sesuai dengan Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan nya,  ada beberapa titik yang dipersiapkan untuk dikerjasamakan dengan pihak ketiga. Antara lain, Kecamatan Klari, Ciampel, dan Cikampek.

“Melalui studi banding ini, kami ingin mengidentifikasi potensi berbagai risiko yang pernah muncul di Bhagasasi supaya bisa diantisipasi, baik dari segi hukumnya, marketnya, tekniknya, dan lain-lainnya,” ucap Ade.

Berbagai pertanyaan yang diajukan rombongan Perumdam Tirta Karawang tersebut dijawab langsung oleh Kepala Bagian Investasi Perumda Tirta Bhagasasi Djoni Purwanto.

Tak hanya berdiskusi di kantor pusat Perumda Tirta Bhagasasi di Tegal Danas, rombongan dari Perumdam Tirta Tarum juga diajak untuk melihat langsung lokasi pelayanan yang dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

Kunjungan seperti ini, sudah banyak dilakukan Perumda lain ke Tirta Bhagasasi. Sebab, BUMD milik Pemkab Bekasi ini, melakukan kerjasama sejak lama, dan berhasil mengembangkan cakupan layanan dan hingga kini telah melayani sekitar 340.000 sambungan langganan. (jonder sihotang)