YPA-MDR menggelar acara Peletakan Batu Pertama Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 18 Borong di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur, Rabu (17/1/2024).

Astra Lakukan Peletakan Batu Pertama SMPN 18 Borong, Penyerahan Donasi Fasilitas Air Bersih dan 30 Laptop SANF ke Sekolah Binaan di NTT

Loading

NUSA TENGGARA TIMUR (Independensi.com) – Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menggelar acara Peletakan Batu Pertama Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 18 Borong di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (17/1).

Peletakan Batu Pertama dihadiri oleh Bupati Manggarai Timur Agas Andreas, Wakil Bupati Manggarai Timur Siprianus Habur, Sekretaris Daerah Boni Hasudungan, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek)  Wayan Sunarta, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Manggarai Timur Winsensius Tala, dan 11 Kepala Sekolah binaan YPA-MDR.

Tanda simbolis resmi pembangunan SMPN 18 Borong dilaksanakan melalui menuangkan semen dan peletakan batu. Peletakan Batu Pertama SMPN 18 Borong dibarengi dengan penyerahan donasi fasilitas air bersih untuk tiga sekolah binaan YPA-MDR, yaitu Sekolah Dasar Inpres (SDI) Golo Cigir, SDI Lindi Tanggo, dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Borong. YPA-MDR melakukan pengeboran dengan kedalaman sekitar 40-100 meter untuk memperoleh air bersih yang ditampung dan disambungkan ke jaringan air sekolah sebagai upaya memenuhi hak dan kebutuhan dasar para siswa binaan serta masyarakat sekitarnya.

Selain itu, YPA-MDR didukung oleh Surya Artha Nusantara Finance (SANF) diwakilkan oleh Reki Wahyu Nugroho dengan penyediaan donasi sebanyak 30 laptop yang diserahkan kepada 11 kepala sekolah binaan di Kabupaten Manggarai Timur untuk memfasilitasikan proses belajar yang digital. Semua upaya yang dilakukan oleh YPA-MDR dengan dukungan dari SANF, pemerintah daerah, dan sekolah binaan diharapkan untuk menjadi kontribusi nyata yang mengakselerasikan peningkatan Kabupaten Manggarai Timur dalam bidang pendidikan sesuai dengan cita-cita Astra untuk Sejahtera Bersama Bangsa.

“Melalui pembangunan SMPN 18 Borong, penyediaan fasilitas air bersih, dan donasi laptop dari SANF, YPA-MDR berharap Kabupaten Manggarai Timur dapat mencapai kualitas hidup yang cukup untuk meraih masa depan yang lebih sejahtera,” kata Gunawan Salim, Ketua Pengurus YPA-MDR.

Ke depannya, YPA-MDR akan turut senantiasa berkontribusi dalam pembinaan akademik, yakni dalam literasi numerasi dan implementasi Kurikulum Merdeka untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sementara itu, YPA-MDR menginisiasikan program Teaching Factory (Tefa) untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).