Gus Falah Apresiasi Keseriusan Pertamina Lakukan Dekarbonisasi

Loading

Jakarta- Anggota Komisi VII DPR-RI Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) mengapresiasi PT Pertamina (Persero) yang berhasil mencapai realisasi reduksi emisi scope 1 & 2 Pertamina hingga 124% dari target tahun 2023.

Gus Falah menyatakan, realisasi itu menunjukkan Pertamina serius dalam melakukan dekarbonisasi.

“Capaian ini membuktikan Pertamina fokus dalam dekarbonisasi emisi melalui aktivitas bisnisnya dan keseriusannya membangun bisnis hijau, Pertamina layak kita apresiasi,” ujar Gus Falah, Selasa (23/1/2024).

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, kesuksesan Pertamina itu diperoleh antara lain melalui implementasi teknologi Carbon Capture Storage (CCS)/Carbon Capture Utilization and Storage (CCUS) di Lapangan Pertamina EP Jatibarang Field, Indramayu, Jawa Barat serta Lapangan Sukowati Bojonegoro, Jawa Timur.

Pertamina, sambung Gus Falah, juga sudah mengoperasikan infrastruktur hilir kendaraan listrik berupa stasiun penukaran baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) di 25 lokasi di Jabodetabek.

“Dan yang tak kalah jitu, Pertamina juga membumikan transisi energi ke desa-desa, melalui program Desa Energi Berdikari (DEB), ini sangat baik karena desa adalah basis rakyat marhaen yang jadi penentu kesuksesan transisi energi,” ujar Gus Falah.

“Keseriusan Pertamina melakukan dekarbonisasi ini, merupakan wujud nyata dukungan terhadap target Indonesia mencapai net zero emission pada 2060,” pungkasnya.