Foto bersama dari kiri ke kanan : Jajaran Bupati Kabupaten Sumba Timur, Bupati Kabupaten Sumba Timur Khristofel Praing, Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim, Chief of Corporate Affairs Astra sekaligus Ketua Pengawas YPA-MDR Riza Deliansyah, Jajaran Bupati Kabupaten Sumba Timur, Pengurus YPA-MDR, 14 Kepala Sekolah Kabupaten Sumba Timur di NTT, Kamis (14/3/2024).

Astra Bersama Pemerintah Sumba Timur Perkuat Pendidikan Menuju Sekolah Unggul

Loading

NUSA TENGGARA TIMUR (Indepedensi.com) – Dalam upaya mengakselerasi peningkatan kualitas pendidikan di wilayah Nusa Tenggara Timur, Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mengukuhkan kemitraan strategis dengan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur. Penandatanganan kerja sama ini menjadi tonggak bersejarah dalam meluncurkan Program Bantuan Pendidikan yang bertujuan menjadikan sekolah-sekolah di Kabupaten Sumba Timur sebagai pusat unggulan pendidikan.

Acara penandatanganan yang berlangsung meriah pada tanggal 14 Maret dihadiri oleh Bupati Kabupaten Sumba Timur, Khristofel Praing, serta berbagai tokoh penting termasuk Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Sumba Timur, Erwin Pasande. Chief of Corporate Affairs Astra sekaligus Ketua Pengawas YPA-MDR, Riza Deliansyah, turut memberikan pidato yang menegaskan komitmen Astra dalam mendukung transformasi pendidikan di daerah tersebut.

Program ini melibatkan pembinaan di empat belas sekolah yang tersebar di berbagai kecamatan di Kabupaten Sumba Timur. Dengan dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia serta pemerintah daerah setempat, YPA-MDR berencana melaksanakan serangkaian kegiatan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk aspek akademik, karakter, kecakapan hidup, dan seni budaya lokal bagi guru dan siswa.

Selain itu, kolaborasi antara YPA-MDR dan Pemerintah Kabupaten Sumba Timur juga meliputi pemberian fasilitas, sumber daya, serta program-program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan. Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan kompetensi para guru dan staf pendidikan melalui pelatihan intensif yang disertai dengan pendampingan yang berkelanjutan.

Salah satu komitmen nyata Astra dalam mendukung program ini adalah dengan memberikan donasi berupa satu unit laptop untuk setiap sekolah yang menjadi bagian dari program binaan. Langkah ini tidak hanya sebagai simbol awal kerja sama, tetapi juga sebagai upaya konkret untuk mendukung transformasi digital dalam sistem pendidikan di Kabupaten Sumba Timur.

Melalui perluasan program pembinaan ini, YPA-MDR telah membina 54 sekolah di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Program ini sejalan dengan visi pemerintah untuk menciptakan generasi muda yang kompeten secara akademik, berkarakter baik, memiliki kecakapan hidup yang memadai, dan memiliki kepedulian terhadap seni budaya lokal. Dengan demikian, diharapkan pertumbuhan Kabupaten Sumba Timur akan semakin meningkat, menuju wilayah yang lebih sejahtera dan berpendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *