Sofia Grace Santosa. (Ist/Dwi Ari Setyadi)

Sofia Melaju ke Perempat Final

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Petenis Indonesia, Sofia Grace Santosa melaju ke perempat final tunggal putri Sportama ATF Asian Tennis 14 & Under Series yang berlangsung di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta, Rabu (20/3/2024). Di babak kedua, unggulan keempat ini memenangi duel sesama petenis lokal, Faye Srijaya 6-2, 6-0 dalam tempo dua jam. Hasil ini pun berhasil mengulang pencapaian di ajang serupa akhir tahun lalu.

“Sejujurnya, aku bermain tidak begitu baik. Mungkin karena nervous, ya, aku banyak melepaskan unforced error. Selain itu, aku perlu memperbaiki pergerakanku dan menguatkan kuda-kudaku. Teknik juga perlu latihan lagi,” tutur Sofia usai bertanding.

Kemenangan straight set ini pun meloloskan Sofia dari perdelapan final untuk kali kedua. Petenis asal Jakarta ini berpotensi untuk melampaui posisi terbaiknya yakni peringkat ketujuh di turnamen antar belia Asia yang dicatat pada November 2023.

Pada babak perempat final, Sofia menantang unggulan kedelapan asal Malaysia, Claudia Xuen Xuen Tan yang menundukkan wakil Singapura, Hannah Tay 6-1, 6-0. Empat wakil Merah Putih lainnya pun sukses melaju ke delapan besar. Johanna Nesya Rose Jaya, unggulan pertama menundukkan wakil Kazakhstan, Yeva Kim 6-7(3), 7-5, 6-1. Tennizya Vesty melewati wakil Tiongkok, Xintong Li 6-3, 6-0. Karen Yap yang menjadi unggulan kelima mengatasi kompatriotnya, Florence Joy Widjaja 6-1, 6-2. Unggulan enam Noya Myeisha menghentikan petenis Malaysia, Xi Xuan Ong 4-6, 6-4, 6-2. Johanna dan Tennizya memastikan Indonesia mengunci satu slot di semifinal tunggal putri.

Begitu pun di sektor putra. Reavan Rio Suryana yang menjadi unggulan kelima bakal terlibat duel senegera melawan unggulan delapan Komang Bagus di babak perempat final. Keduanya mengungguli wakil Hong Kong di babak kedua.

Reavan menundukkan Hoi Shun Hui, 7-5, 6-3. Sedangkan Komang menyudahi petenis wild card Jayden Park 6-4, 6-1. Tiga tunggal putra Merah Putih lain pun ikut melaju. Ethan Jake Frans yang menjadi unggulan pertama menundukkan petenis Tiongkok, Haozhang Sun 6-0, 6-0. Sedangkan Azzam Khairi Zhafir memenangkan duel saudara atas Darren Adam Sofian 6-0, 6-2.

Sportama Asia Tennis Series memainkan tiga seri dalam dua pekan. Due seri KU 14 putra dan putri berlangsung dalam dua pekan dan satu seri KU 16 hanya untuk putra berlangsung di pekan kedua, 24-31 Maret 2024. “Kami berencana menggelar enam seri serupa pada tahun ini. Para pemain junior butuh banyak pertandingan untuk mengasah kemampuan dan mentalnya. Kami pun yakin mereka bertalenta. Hanya saja, bibit-bibit, anak-anak muda, itu kurang tereskpos,” ujar Paul Sindhunata, technical advisor Sportama Tennis Institute.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *