IBI membuka secara resmi kegiatan Pelayanan KB Serentak oleh Bidan dalam Rangka Bhakti Sosial Peringatan HUT IBI Ke 73 dan IDM 2024 di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

IBI Gelar Bhakti Sosial Pelayanan Keluarga Berencana: Membangun Kesejahteraan dan Kesehatan Keluarga di Seluruh Indonesia

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) kembali menunjukkan dedikasinya terhadap kesehatan reproduksi dan kesejahteraan keluarga dengan menggelar Bhakti Sosial Pelayanan Keluarga Berencana di seluruh Indonesia. Kegiatan ini, yang berlangsung mulai 8 Mei hingga 31 Mei 2024, didukung oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Kementerian Kesehatan. Dalam upaya percepatan pencapaian target pelayanan KB yang ditetapkan pemerintah, kegiatan ini melibatkan ribuan bidan yang memberikan layanan KB secara serentak.

Acara resmi pembukaan, yang dihadiri oleh Kepala BKKBN, Dirjen Kesmas Kemenkes RI, serta pemangku kepentingan lainnya, menegaskan komitmen IBI dalam memberikan layanan terbaik untuk membantu keluarga merencanakan kehamilan dan meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan reproduksi. Ketua Umum PP IBI, Ibu Ade Jubaedah, menegaskan bahwa Bhakti Sosial ini tidak hanya menyediakan layanan pemasangan atau pemberian alat KB, tetapi juga mencakup konseling keluarga berencana dan edukasi kesehatan reproduksi.

Direktur UPL Dirjen Kesmas Kemkes RI Dr Nida rahmawati (kedua kanan) bersama Deputi bidang Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. Wahidin (kiri) dan M.Kes dan Ketua PP Ikatan Bidan Indonesia pusat, Dr. Ade Jubaedah (kedua kiri) mendengarkan Bidan Rismini Sagala menjelaskan setelah membuka secara resmi kegiatan Pelayanan KB Serentak oleh Bidan dalam Rangka Bhakti Sosial Peringatan HUT IBI Ke 73 dan IDM 2024 di Jakarta, Rabu (8/5/2024)

Salah satu tujuan Bhakti Sosial ini adalah mencatatkan rekor MURI dengan memberikan layanan Implant secara serentak kepada 100.000 akseptor dalam satu hari, pada hari peluncuran kegiatan, 8 Mei 2024. Ini merupakan upaya nyata IBI untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan reproduksi yang berkualitas dan terjangkau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *