Jaksa Agung Perintah Prioritaskan Pemulihan Keuangan Negara dalam Penanganan Kasus Korupsi

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Jaksa Agung ST Burhanuddin memerintahkan seluruh jajarannya untuk memprioritaskan pemulihan keuangan negara selain memenjarakan atau melakukan pemidanaan badan terhadap pelaku dalam penanganan tindak pidana korupsi.

“Tingkatkan juga penanganan perkara yang menyangkut kepentingan masyarakat serta dampaknya dapat berpengaruh besar pada berlangsungnya kehidupan masyarakat luas,” kata Jaksa Agung dalam pengarahannya di depan jajaran Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan di Aula Gedung Kejati Sumatera Selatan, Rabu (08/05/2024).

Jaksa Agung sempat memuji dan mengapresiasi  kinerja dari seluruh jajaran kejaksaan di Wilayah Hukum Kejati Sumatera Selatan yang disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan Yulianto.

“Tapi jangan terlalu cepat berpuas diri dan tetap selalu mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi untuk mempertahankan kepercayaan masyarakat,” katanya saat mengadakan kunjungan kerja ke wilayah hukum Kejati Sumatera Selatan.

Dia merujuk  hasil survei persepsi publik yang dilakukan pada bulan April 2024 dimana menunjukkan Kejaksaan Agung meraih peringkat ke-3 sebagai institusi yang paling dipercaya masyarakat dalam penegakan hukum.

Oleh karena itu Jaksa Agung berpesan agar pertahankan “Public Trust” yang telah terbangun selama ini dengan selalu menjaga marwah Kejaksaan yaitu dengan tidak melakukan perbuatan tercela yang dapat merusak citra positif Kejaksaan, melaksanakan pola hidup sederhana.

“Serta melaksanakan tugas secara profesional, akuntabel serta sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Kejaksaan,” katanya seraya menyebutkan sebagai abdi negara dan masyarakat maka dalam pelaksanaan tugas harus dapat memenuhi tuntutan masyarakat.

“Yaitu menegakkan supremasi hukum dengan menghadirkan keadilan, kebenaran dan kepastian hukum guna menjaga marwah kejaksaan,” ucap mantan JAM Datun.

Sehari sebelumnya Jaksa Agung dalam kunjungan kerjanya di Sumatera Selatan meresmikan penggunaan gedung baru dua Kejaksaan Negeri yaitu Kejaksaan Negeri Pali dan Kejaksaan Negeri Muara Munim. Serta meninjau kantor Kejaksaan Negeri Prabumulih.

Selama kunjungan kerjanya Jaksa Agung didampingi Kajati Sumatera Selatan serta Kepala Biro Kepegawaian Hermon Dekristo, Asisten Umum Heri Hermanus Horo dan Asisten Khusus Jaksa Agung SriKuncoro.(muj)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *