Gus Falah Harap BBG Gasku Dinikmati Nelayan Secara Merata

Loading

Jakarta-Anggota Komisi VII DPR-RI Nasyirul Falah Amru atau Gus Falah mendukung uji coba konversi bahan bakar gas (BBG) berbasis compressed natural gas (CNG), Gasku oleh PT PGN Tbk bersama afiliasinya PT Gagas Energi Indonesia.

Uji coba itu dilakukan pada 100 kapal nelayan di Tambak Lorok dan Tambak Rejo, Semarang, Jawa Tengah, baru-baru ini.

Gus Falah mengingatkan PGN, agar seluruh nelayan di Pulau Jawa, maupun Indonesia bisa menggunaan BBG berbasis CNG Gasku.

“Kebijakan PGN ini sangat menguntungkan masyarakat nelayan, karena menggunakan BBG sebagai bahan bakar kapal mereka, lebih murah dari menggunakan BBM,” ujar Gus Falah, Jumat (15/12/2023).

Politisi PDI Perjuangan itu melanjutkan, dengan menggunakan BBG berbasis CNG, penghematan biaya operasional bisa dinikmati nelayan.

Apalagi, sambungnya, satu unit tabung Gasku diperkirakan dapat mendukung daya jelajah hingga 50 km atau setara satu hari berlayar.

Dengan menggunakan BBG, menurut Gus Falah nelayan juga bisa menikmati kemudahan perawatan mesin.

“Jadi, setelah uji coba ini selesai, PGN harus berupaya terus agar BBG Gasku ini bisa dinikmati oleh nelayan di seluruh Indonesia secara merata,” tegas Gus Falah.

“Sebab, banyak daerah-daerah nelayan misalnya seperti di Pulau Jawa ini, ada Lamongan dan Gresik yang sangat membutuhkan bahan bakar efisien seperti BBG berbasis CNG ini,” tambah Legislator Dapil Jawa Timur X yang meliputi Lamongan-Gresik tersebut.