Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawaty saat memberikan keterangan. (foto:jonder sihotang)

Bantu Pemudik, Dinkes Kota Bekasi Bentuk Tim Medis

BEKASI (IndependensI.com) – Guna membantu masyatakat yang mudik lebaran,
Dinas Kesehatan Kota Bekasi membentuk sepuluh tim medis yang disebar ke sejumlah posko pengamanan mudik.

“Tim disiagakan di posko supaya dapat memberikan penanganan kepada pemudik yang membutuhkan pelayanan kesehatan,” ungkap Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawaty, Senin (19/6)

Pelayanan yang diberikan berupa penanganan pemeriksaan keaehatan dengan pemberian obat-obatan. Namun jika kondisi pemudik membutuhkan pelayanan intensif, rujukan bisa dilakukan ke rumah sakit terdekat.

“Pemudik bisa saja dirujuk ke rumah sakit swasta mana pun yang paling dekat. Tapi pusat rujukan tetap ke RSUD Kota Bekasi,” katanya.

Selain menyiagakan personelnya di jalur mudik, Dinkes juga mengoperasikan sepuluh Puskesmas yang tetap melayani pasien selama libur Idul Fitri. Puskesmas dimaksud utamanya yang sudah dilengkapi fasilitas rawat inap atau yang siap menangani kelahiran pasien.

Kesepuluh Puskesmas tersebut berlokasi di Pondok Gede, Jatisampurna, Bantargebang, Teluk Pucung, Pekayon, Rawalumbu, Aren Jaya, Karang Kitri, Kotabaru, dan Mustikajaya. Dan selama libur lebaran, petugas medis tetap bersiaga memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, kata Tanti. (jonder sihotang)