Pesawat AMA

Tim SAR Freeport Evakuasi Lima Korban Pesawat AMA

JAYAPURA (IndependensI.com) – Sebuah pesawat jenis Philatus milik maskapai penerbangan AMAyang  mengalami musibah, Rabu (5/7/2017) kemarin sekitar pukul 14.15 WIT berhasil ditemukan. Tim SAR dari PT Freeport yang diangkut dengan helikopter Airfast sudah berada di lokasi jatuhnya pesawat Philatus milik AMA terebut. Pesawat ditemukan di ketinggian sekitar 8.500 meter di atas permukaan air.

“Memang betul saat ini dua anggota Tim SAR dari PT Freeport sudah berada di lokasi yang diturunkan dengan menggunakan alat dari helikopter Airfast,” kata Kepala SAR Jayapura Melkianus Kota di Jayapura, Kamis (6/7/2017).

Dia mengatakan helikopter Airfast sudah berada di Wamena sejak pukul 08.08 WIT dengan nomor penerbangan PK-OCE yang dipiloti Aril dan kopilit Hadi. Saat ini, katanya, helikopter tersebut berada di Wamena dan para kru sedang melakukan rapat sebelum mengevakuasi para korban.

Pesawat naas dengan nomor penerbangan PK-RCX mengalami musibah dalam penerbangan dari Wamena-Denekme, Rabu (5/7). Pesawat itu mengangkut lima penumpang dan kru. Nama-nama tujuh orang penumpang, termasuk dua kru, yakni pilot Mouder Wauters dan kopilot Ido Naibaho. Sementara itu, tiga penumpang pesawat naas itu, masing-masing Don, Serabut, dan Ondomget.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pesawat jenis Philatus milik AMA dilaporkan hilang kontak dalam penerbangan Wamena-Derakma sekitar pukul 14.15 wit. Pesawat ini diketahui membawa lima orang termasuk dua awak pesawat.

AKBP Yan Reba Kapolres Jayawijaya kepada Antara, Rabu (5/7/2017) mengatakan pesawat dengan nomor penerbangan PK-RCX dipiloti Wouter Mulders dan copilot Wido Naibaho itu selain membawa tiga penumpang dengan jumlah beban 713 kg termasuk 508 kg barang. Dari laporan yang diterima pesawat terbang dari Bandara Wamena sekitar pukul 14.00 WIT dan hilang kontak sekitar 10 menit setelah terbang.