Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump melambai dari depan pintu pesawat Air Force One di pangkalan angkatan udara Andrews di Maryland, AS, Rabu (12/7). Trump melakukan kunjungan kenegaraan ke Prancis untuk menghadiri peringatan Bastille Day.

Trump Dekati Prancis

WASHINGTON (IndependensI.com) – Presiden AS Donald Trump terbang ke Paris, Kamis (13/7/2017). Trump melakukan kunjungan kenegaraan ke Prancis untuk memulihkan hubungan bilateral menyusul skandal yang melibatkan putra sulungnya.

Sehari sebelum keberangkatan, Trump membela putranya, Donald Trump Jr. Dia memuji sikap transparannya yang membuka email berantai tentang pertemuan dengan seorang pengacara Rusia. Trump juga mengeluhkan serangan terhadap dirinya lewat tuduhan bekerja sama dengan Kremlin untuk memenangi pemilihan presiden tahun lalu.

Trump akan bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Keduanya dijadwalkan menyaksikan parade militer di Champs-Elysees dalam rangka peringatan 100 tahun masuknya Amerika Serikat ke Perang Dunia I untuk mendukung Prancis.

Macron berharap bisa menggunakan kesempatan ini untuk membina hubungan dengan Trump. Pertemuan ini dilakukan hanya sekitar enam pekan setelah Macron menerima Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Versailles.

Sejak masa kampanye pemilihan presiden Prancis, Macron selalu menggaungkan sikap anti-Trump. Namun setelah menjabat, politikus berusia 39 tahun itu harus berkompromi. Kedua pemimpin diperkirakan membahas upaya bersama dalam perang melawan ISIS di Irak dan Suriah.

Trump dan Macron akan makan malam bersama di restoran Jules Verne di Menara Eiffel. Keduanya akan didampingi istrinya masing-masing yaitu Melania dan Brigitte.