Kevin C Akbar (kiri), Syukrizal (tengah), dan Naraajie Emerald Ramadhan Putra. (Dokumentasi)

OJAO III Menjadi Ajang Uji Coba Pegolf Lokal dan Regional

JAKARTA (IndependensI.com) – Tanpa bermaksud menafikan hasil yang sangat positif dari event OJAO I pada 2015 dan OJAO II pada 2016, yang jelas OJAO III yang akan berlangsung pada 25-27 Juli 2017 mendatang di Emeralda Golf Club, Cimanggis, Depok, Bogor – Jawa Barat, para pecinta olahraga golf di Tanah Air khususnya mereka yang berdomisili di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya, akan mendapat sebuah suguhan turnamen yang atmosfirnya sangat berbeda jika dibandingkan event yang sama yang berlangsung pada 2015 (pasca babak kualifikasi PON XIX) dan pada 2016 (yang berlangsung menjelang PON XIX Jawa Barat).

Kenapa?

“Karena OJAO III yang akan berlangsung pekan depan di Emeralda Golf Club, akan dijadikan ajang try out bagi pegolf Malaysia, Filipina dan Indonesia yang akan tampil di SEA Games Kualalumpur, Malaysia pada Agustus 2017,” ujar Ketua Bidang Pertandingan Pengprov PGI Jawa Barat, Dian Mariyun, yang menjadi Wakil Ketua Pelaksana OJAO III International kepada IndependensI.com pada Selasa (18/7/2017).

Dian Mariyun, Wakil Ketua Pelaksana OJAO III International, yang juga dikenal sebagai Ketua Bidang Pertandingan Pengprov PGI Jawa Barat.

“Selain akan dijadikan ajang try out bagi pegolf yang akan tampil di SEA Games 2017 di Kualalumpur bulan depan, OJAO III International juga akan dijadikan sebagai wahana uji coba bagi para pegolf dari PGI Pengkab Bogor, Bekasi dan PGI Pengkab Bandung yang akan tampil mewakili kabupaten mereka masing-masing di ajang Pekan Olahraga Daerah (PORDA) Jabar yang akan berlangsung di Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah pada 2018,” tambah Dian Mariyun.

Olympic Jabar Amateur Open tahun ini peserta yang tampil berkompetisi jumlahnya dibatasi hanya 90 pegolf yang terdiri dari 66 putra dan 24 putri – sudah termasuk partisipan dari Malaysia (8 orang), Filipina (lima orang) dan satu orang dari Rumania.

Seperti OJAO I dan OJAO II, OJAO III pun mendapat sambutan yang sangat positif dari 15 Pengprov PGI yang ada di Tanah Air. Kelimabelas Pengprov PGI tersebut adalah Pengprov PGI Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Riau, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara dan Pengprov PGI Papua.

Eddy Putra yang dipercaya sebagai Tournament Director OJAO III International saat menjadi instruktur Rule of Golf Level Two di JGC beberapa waktu lalu.

Malaysia mengirimkan atlet golfnya yang akan tampil di SEA Games pada Agustus mendatang di Kualalumpur. Mereka adalah Chan Tuck Son, Galven Kendel Green, Chang Erwin, Danial Azizan Durisic, Nur Dzriyyah, Damian dan Loy Hee Yin.

Filipina juga mengirimkan pegolf terbaik mereka yang akan berlaga di SEA Games 2017. Para pegolf Filipina terdiri dari Jolo Timothy Magcalayo, Ivan Monsalve, Aldo Barro dan Richnell Albano.

Adapun pegolf tuan rumah yang “miskin” pengalaman berlatih tanding di luar negeri sebelum mereka tampil di SEA Games bulan depan di Kualumpur, Malaysia, akan memanfaatkan momentum OJAO III untuk membuktikan bahwa mereka tidak boleh dipandang dengan sebelah mata dan mereka memang pantas terpilih untuk tampil dalam event-event prestisius baik di dalam maupun luar negeri.

Rivani Adelia Sihotang andalan Pengprov PGI DKI Jakarta.

Mereka adalah Naraajie Emerald Ramadhan Putra, Kevin Carsario Akbar, Almay Rayhan Yaquta, Jonathan Wijono, Rivani Adelia Sihotang, Tatiana Jaqueline Wijaya dan Ida Ayu Indira Melati Putri.

Namun, Jonathan Wijono dan Tatiana absen di OJAO III, karena pada waktu bersamaan mereka mengikuti turnamen di luar negeri. Jowi – sapaan akrab Jonathan Wijono – mengikuti sebuah turnamen amatir di Amerika Serikat. Sedangkan Tatiana mengikuti turnamen Canadian Amateur Open di Kanada. Konon, baik Jowi dan Tatiana (Tia, sapaan akrabnya), tampil di luar negeri atas biaya sendiri.

Bagaimana kesiapan panitia penyelenggara OJAO III – sebagaimana yang diungkapkan Dian Mariyun kepada independensi.com sebagai Wakil Ketua Pelaksana – secara umum segala sesuatu yang berkaitan dengan event prestisius tersebut berjalan lancar seperti yang diharapkan, termasuk dukungan dari para sponsor.

Untuk turnamennya itu sendiri akan dipimpin oleh Eddy Putra yang saat ini menjadi salah wasit di The Open 2017, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan British Open. “Pulang dari Inggris, pak Eddy Putra akan memimpin jalannya event OJAO III International, sesuai dengan posisinya sebagai Tournament Director,” tegas Dian Mariyun mengakhiri keterangannya kepada IndependensI.com.