Ustadz Syamsuddin Nur Makka

Ustadz Syam dan Ceramah “Pesta Seks di Surga” yang Heboh Itu…

JAKARTA (IndependensI.com) – Ceramah Ustadz Syamsuddin Nur Makka tentang nikmat surga salah satunya adalah pesta seks akhir pekan lalu masih berbuntut panjang. Meski telah menyatakan minta maaf secara langsung, namun Syamsuddin Nur Makka atau yang biasa disapa Ustadz Syam merasa perlu mendatangi kantor pusat Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ustadz Syam sengaja mendatangani MUI untuk meminta maaf setelah ceramahnya menuai protes dari publik di sebuah acara televisi swasta nasional. Tema yang disampaikan dalam tayangan yang disiarkan Sabtu, 15 Juli 2017 lalu  yakni Islam Itu Indah di Trans TV.

Penceramah muda itu dengan penuh semangat sesuai tema mengatakan salah satu nikmat yang ada di surga adalah pesta seks. Sosok Ustadz Syam pun mendadak menjadi sorotan publik setelah ceramahnya menuai kontroversi tersebut.

Terang saja publik langsung memprotes ceramah tersebut, apalagi disiarkan langsung. Selain Ustadz Syam, TrasTV juga jadi sasaran kekesalan dari masyarakat. Lebih dari itu, Ustadz muda asal Makassar, Sulawesi Selatan, itu dianggap telah melecehkan ajaran agama Islam lewat ucapannya.

Dalam ceramahnya, ustadz Syam menyebut, jika satu di antara kenikmatan dari para penghuni surga yakni adanya pesta seks. Oleh karena itu, ia mengatakan nafsu seks duniawi harus senantiasa dikendalikan.

Ustadz Syam sempat berkali-kali mengulang soal nikmat yang ada dalam surga yakni pesta seks. Sambil berkata, minta maaf, Ustadz Syam mengatakan, salah satu kenikmatan di surga itu adakah pesta seks. Karena inilah yang kita tahan-tahan di dunia, inilah yang kita tahan-tahan di dunia. Kenikmatan terbesar yang diberikan Allah SWT adalah pesta seks.

Karena inilah yang sudah ditahan di dunia oleh para lelaki. Laki-laki disuruh menahannya, lagi musim panas. Perempuan lebih kuat sebenarnya, saya tidak setuju kalau perempuan dikatakan lemah. Laki-laki kalau naik pesawat pasti pakai jaket. Perempuan pakai tanktop. Masya Allah kuatnya…..,”kata Ustadz Syam.

Karena merasa pernyataannya keliru maka Ustadz Syam mendatangi Kantor MUI. Ketua Komisi Dakwah MUI, K.H. Cholil Nafis mengatakan Ustaz Syam mendatangi kantor pusat MUI pada Selasa, 18 Juli 2017 dan meminta maaf. Dia minta maaf atas salah ucap dan salah pemahaman tentang kehidupan di surga, kata Cholil.

Ustaz Syam mengaku salah ucap dalam ceramahnya yang membahas kehidupan di surga itu. Beberapa hari lalu Ustadz Syam salah ucap (sabqul lisan) tentang kehidupan di surga bersama para bidadari, sehingga ia bilang ada pesta seks, kata Cholil.

Ustadz Syam, menurut Cholil, bermaksud  menggambarkan betapa nikmatnya kehidupan di akhirat apabila masuk surga. Oleh karena itu, dia ingin mengajak umat manusia agar menyalurkan hasrat seks sesuai aturan Islam.  Tujuannya, supaya diberikan nikmat yang besar oleh Allah.

Akan tetapi, menurut Cholil, ustadz itu mengakui bahwa ucapannya memang tak layak. Karena itu, banyak muncul banyak protes dati berbagai kalangan, terutama protes dari netizen. Sasaran protes bukan hanya Ustadz Syam, tetapi juga stasiun televisinya.

Karena itu Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) telah memberikan surat peringatan keras kepada Trans TV. Pihak Trans TV juga meminta maaf dan berjanji untuk memperbaiki kesalahan itu. “Secara internal manajemen Trans TV sudah melakukan koordinasi dan evaluasi , kata pejabat KPI.

Namun berbagai pihak menilai. KPI  terkesan sangat lemah dalam menangani kasus terkait stasiun televisi, khususnya televisi swasta. Banyak pelanggaran penyiaran yang dilakukan stasiun televisi swasta, namun sanksinya sangat ringan.

Di bagian lain, KPI diinformasikan telah memfasilitasi program Islam Itu Indah untuk mendapat pembinaan dari MUI dan Kementerian Agama. Kedua lembaga agama tersebut bersedia untuk menjadi tempat konsultasi konten-konten siaran yang mengandung khilafiyah.

KPI berharap dengan adanya konsultasi ini, tidak ada lagi pembenaran terhadap suatu mazhab yang dapat menimbulkan kegaduhan publik. Termasuk juga masalah seperti ceramah Ustadz Syamsuddin Nur Makka yang mendapat protes dari para penonton televisi.

Ustadz Gaul

Selama ini, penampilan Ustadz Syam ini bergaya gaul. Dalam ceramah, dai kondang ini   menyampaikan tausiah yang ringan dan lebih mudah diterima oleh khalayak ramai. Lewat gaya tausiah dan penyampaian yang mudah diterima dan lebih ke gaya anak muda saat ini, maka Ustadz Syam ini memiliki banyak penggemar dari kalangan muda.

Karena itu, mulai banyak yang mencari profil dan biodata Ustadz Syam. Bahkan bukan saja mencari profil dan biodata Ustadz Syam, namun juga mulai banyak yang mencari ceramah-ceramah ustadz Syam. Dan, yang paling banyak mencari informasi terkait profil dan biodata Ustadz Syam Islam itu Indah adalah para kawula muda dan kekinian. Bahkan Ustadz Syam juga sering disapa dengan istilah Ustadz gaul.

Namun sampai sejauh ini, informasi terkait profil dan biodata Ustadz Syam ini masih sangat minim dan cenderung sulit didapatkan. Salah satu informasi terkait profil dan biodata Ustadz Syam yakni lahir di Makassar pada tanggal 15 September 1992.

Aktifitas Ustadz Syam  jika merunut dari akun Facebooknya adalah aktif sebagai Imam Mesjid Kubah Emas Dian Al-Mahri Depok. Selain itu Ustadz Syam juga aktif mengisi acara di televisi bertajuk Islam Itu Indah.  (dari berbagai sumber)