Logo Asian Gmaes 2018 (Istimewa)

Rugby Indonesia Mulai Seleksi Atlet

JAKARTA (IndependensI.com) – Persatuan Rugby Union Indonesia (PRUI) akan menyeleksi atlet-atlet yang masuk dalam tim Asian Games 2018 dalam kejuaraan nasional pada November 2017.

“Kami akan menggelar Kejuaraan Nasional 2017 di GOR Soemantri Brodjonegoro Kuningan, Jakarta, pada November sekaligus sebagai uji coba gelanggang Asian Games,” kata Manajer Tim Rugby Indonesia Tito Vau seperti dikutip Antara, Minggu (30/7). Tim rugby 7s Indonesia, lanjut Tito, masih punya waktu satu tahun untuk latihan sebelum menjadi tuan rumah Asian Games pada Agustus 2018.

“Kami juga sudah menyampaikan kepada atlet-atlet yang masuk dalam tim nasional terkait ajang promosi dan degradasi itu. Posisi mereka di tim nasional hanya terjamin berdasarkan hasil pertandingan terakhir,” kata Tito. PRUI akan mengevaluasi penampilan 16 atlet dalam tim nasional setiap tiga bulan dan akan menjadi evaluasi per dua bulan jelang penyelenggaraan Asian Games.

Tito optimistis tim rugby 7s Indonesia akan mendapatkan atlet-atlet unggulan pada Asian Games menyusul pertandingan ekshibisi dalam PON XIX/2016 di Jawa Barat. “Tim Papua meraih dua medali emas dalam pertandingan ekshibisi PON 2016. Kami juga sudah memilih atlet-atlet Papua dalam tim nasional. Tapi, satu atlet tidak lolos persyaratan administrasi mengikuti SEA Games dan atlet lain terganjal cedera,” ujar Tito.

Tito masih berharap perwakilan atlet-atlet Papua dalam tim rugby 7s Indonesia saat bertanding pada Asian Games 2018. PRUI juga berharap dapat segera membentuk tim nasional rugby 7s putri Indonesia yang terdaftar dalam Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima) untuk mengikuti Asian Games 2018. Dalam SEA Games 2017 di Malaysia, tim rugby putra Indonesia, terdiri 12 pemain. Mereka akan ditemani tiga pelatih dan manajer saat mengikuti pertandingan di Selangor Malaysia, pada 19-20 Agustus.