Ilustrasi. (Istimewa)

Tim Futsal Putra Bersiap

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim futsal putra Indonesia mulai persiapan pelatihan nasional di Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat, menjelang keikutsertaan dalam SEA Games 2017. Hal ini dilakukan menyusul konfirmasi Federasi Futsal Indonesia dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia.

“Hampir semua pemain yang dipanggil telah datang di Lombok, hari ini. Kami akan melakukan persiapan seoptimal mungkin untuk meraih hasil terbaik,” kata Sekretaris Tim Futsal Putra Indonesia Beni Irawan seperti dikutip dari Antara, Kamis (3/8). Tim Futsal Indonesia, lanjut Beni, telah memanggil 31 pemain futsal dari berbagai klub Tanah Air. Para pemain itu akan mengikuti sejumlah seleksi sebelum terpilih sekitar 15 pemain yang masuk dalam tim Merah-Putih dan berangkat ke Malaysia pada 12 Agustus.

Para pemain yang dipanggil tim futsal putra Indonesia sebelumnya mengikuti sejumlah kejuaraan futsal internasional antara lain AFF Futsal Club Championship dan AFC Futsal Club Championship 2018. “Persiapan ini tampaknya mendadak. Padahal, kami telah mempersiapkan latihan ini sejak awal Juli,” ujar Beni. Para pemain futsal Tanah Air yang dipanggil Tim Futsal Putra Indonesia antara lain Muhammad Albagir, Galuh Prabu Putra, Bima Febrian, Endri Ferdiyanto, dan Yusuf Kurniawan yang akan menempati posisi kiper.

Kemudian, posisi pemain pengumpan (anchor) yaitu Abdul Rochman Nawawi, Tricahyo Ramadhan, Andriansyah Agustin, Muhammad Amin Rais, Sunny Rizky Suhendra, dan Rio Pangestu Putra. Pada posisi pemain sayap (flank), Tim Futsal Putra Indonesia memanggil Ardiansyah Runtuboy, Syauqi Saud, Anton Cahyo Nugroho, Andi Fardiansyah, Nandi Sukmawijaya, Eko Sutrisno, Bambang Bayu Saptaji, Mochammad Iqbal Rahmatullah, Ariansyah, Achmad Alfyanto, Syahril Rianto, Reza Arlian Novelani, serta Randy Satria Mushar. Terakhir pada posisi pemain penyerang (pivot) pemain-pemain yang dipanggil Tim Futsal Putra Indonesia adalah Alfajri Zikri, Jeni Firmansyah, Subhan Faidasa, Johanis Mustamu, Alexander Bernhard, Andri Kustiawan, dan Gian Farhandika.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria memastikan Tim Futsal Putra Indonesia akan tetap mengikuti laga SEA Games 2017 pada 18-29 Agustus. “Ketua Umum PSSI telah mengarahkan timnas futsal putra akan tetap berangkat sesuai jadwal,” kata Tisha selepas rapat bersama Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edy Prasetyo terkait persiapan keberangkatan timnas futsal Indonesia ke Malaysia. Klarifikasi PSSI itu muncul menyusul informasi terkait pengunduran timnas futsal putra Indonesia dari pesta multi-cabang olahraga ASEAN itu dari pelatih kepala Vic Hermans.