Basofi Soedirman

Basofi Soedirman Dimakamkan di San Diego Hills

JAKARTA (IndependensI.com) – Gubernur Jawa Timur 1993-1998, Basofi Soedirman, menurut rencana akan dimakamkan di Pemakaman Umum San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat, Selasa (8/8/2017).

“Menurut rencana akan dimakamkan di San Diego Hills dan berangkat dari rumah duka di Kemang menuju pemakaman pada pukul 08.00 WIB,” kata adik kandung Basofi, Laeili Nuraeni seperti dikutip kantor berita Antara, Senin (7/8/2017).

Basofi Soedirman meninggal dunia di RS Medistra, Jakarta, pada Senin sekitar pukul 11.10 WIB, setelah beberapa bulan karena sakit. Sebelumnya, almarhum sempat dirawat di RS Abdi Waluyo Jakarta dan sebuah rumah sakit di Singapura.

Basofi Soedirman (lahir di Bojonegoro, Jawa Timur, 20 Desember 1940), sebelumnya pernah menjabat sebagai Kasdam I/Bukit Barisan (1986-1987) dan Wakil Gubernur Jakarta (1987-1992).

Almarhum yang semasa menjadi gubernur pernah berkarier sebagai penyanyi, dengan lagu “Tidak Semua Laki-laki” adalah putra dari Letjen TNI (Purn) H Soedirman yang merupakan tokoh terkenal di Bojonegoro, dan merupakan pahlawan nasional dari Kabupaten Bojonegoro.

Berkat pengaruh ayahnya, sejak kecil Basofi sudah bercita-cita menjadi tentara.

“Bapak selalu mengajak saya melihat-lihat kegiatan militer seperti tentara latihan. Saya melihat kebesaran Bapak saya di dunia kemiliteran itu, sehingga otomatis di benak saya nggak ada yang lain kecuali ingin jadi tentara,” katanya suatu saat.

Sebagian cara hidup yang biasanya dialami tentara juga sudah sering dialaminya sejak kecil. Pada masa revolusi, Basofi kecil sudah sering harus ikut mengungsi. Setelah Belanda mengakui kedaulatan RI pun, ia masih harus berpindah-pindah karena tugas ayahnya selaku tentara menghendaki begitu.

Basofi meninggalkan seorang istri dan tiga anak, yaitu satu putri dan dua putra.