Menteri Basuki Turut Dampingi Presiden Jokowi dalam Karnaval Kemerdekaan 2017

Loading

BANDUNG (IndependensI.com) -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono beserta istri mendampingi Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang memimpin Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang digelar di Kota Bandung (26/8).

Presiden menghadiri sekaligus mengawali Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 yang mengangkat tema “Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama” sebagai bagian dari rangkaian kegiatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72.

Turut hadir diantaranya Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Walikota Bandung Ridwan Kamil.

Rombongan Presiden termasuk Menteri Basuki tampak kompak mengenakan pakaian adat sunda pada hari tersebut. Dari Gedung Sate, rombongan bergerak menuju Taman Vanda dengan menggunakan kendaraan hias.

Karnaval yang dimeriahkan oleh berbagai komunitas, tidak hanya berasal dari Kota Bandung dan Jawa Barat, tetapi juga datang dari kota-kota yang sering mengadakan festival tingkat Internasional, seperti Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnaval, dan Tomohon International Flower Festival.

Rute lintasan Karnaval Festival Kemerdekaan berawal dari Gedung Sate lalu mengarah ke Jalan Ir. Juanda, kemudian berlanjut ke kawasan Jalan Merdeka, dan dilanjutkan ke Taman Vanda. Setelah itu konvoi dilanjutkan ke arah Jalan Lembong lalu menuju Museum KAA dan berakhir di Museum Konferensi Asia Afrika (KAA) di Jalan Asia Afrika.

Gedung Sate sendiri pada masa kemerdekaan RI  merupakan kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan menjadi saksi sejarah perlawanan gigih terhadap penjajahan Belanda bersama Sekutu. Kala itu sebanyak tujuh pegawai PUPR gugur dalam mempertahankan gedung tersebut dari serbuan tentara Sekutu/Belanda Peringati Hapernas 2017,  Kementerian PUPR  Adakan Lomba dan Pameran foto Rumah Layak Huni Menuju Masyarakat Sejahtera.