Tahun ini, Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan dan Merehabilitasi Infrastruktur SDA di Sumbar

JAKARTA (IndependensI.com) -Kementerian PUPR tahun ini akan menyelesesaikan pembangunan dan merehabilitasi  beberapa  Sumber Daya Air di wilayah Sumatera Barat. Di Kabupaten Lima Puluh Kota pembangunan lanjutan groundsill Batang Sanipan dibawah Jembatan Kelok Sembilan. Pembangunan berfungsi untuk memperkuat struktur jembatan dengan mengendalikan kecepatan air agar pilar penyangga jembatan tidak tergerus. Besarnya anggaran Rp 3,82 miliar dengan progres fisik hingga awal Agustus mencapai 82,88 persen.

Di Kabupaten Pesisir Selatan untuk mendukung penyediaan air baku, tengah dibangun sarana dan prasaran air baku Sungai Nyalo, sepanjang 3,7 km dengan anggaran Rp 9,1 miliar. Progresnya saat ini sudah 70 persen dan diharapkan bisa selesai tahun ini.

Di Kota Padang, Kementerian PUPR tengah menyelesaikan pembangunan jaringan irigasi Embung Alam di Kabupaten Solok sepanjang 2,4 km dengan progres fisik 65,17 persen dan akan rampung pada tahun 2017.

Di Kabupaten Padang Pariaman, dialokasikan anggaran sebesar Rp 10,96 miliar untuk merehabilitasi 2,6 km jaringan irigasi pada Daerah Irigasi (DI) Batang Anai. Saat ini progres fisiknya sudah 72,58 persen dan ditargetkan selesai tahun ini.