Vladimir Putin (AFP)

Putin Ancam Usir 155 Diplomat AS

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Rusia Vladimir Putin mengancam bakal mengusir 155 orang diplomat Amerika Serikat lagi dari negararanya.

“Kami punya hak untuk membuat keputusan tentang berapa orang diplomat Amerika yang boleh berada di Moskow. Tapi kami belum akan melakukannya untuk saat ini,” kata Putin seperti dikutip kantor berita AFP usai pertemuan tingkat tinggi BRICS di Xiamen, China, Selasa (5/9/2017).

Moskow sebelumnya telah memerintahkan AS mengurangi diplomatnya mnejadi hanya 455 orang per 1 September 2017. Jumlah itu sama dengan diplomat Rusia yang ditempatkan di AS.

Angka tersebut masih termasuk 155 orang yang bekerja untuk misi diplomatik Rusia di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di New York. Artinya, Putin berpendapat Rusia masih bisa mengurangi jumlah diplomat AS menjadi 300 orang. “Itu 455 dikurangi 155,” kata Putin.

Pada Sabtu (2/9/2017), Rusia dipaksa mengosongkan kantor konsulatnya di San Francisco dan dua gedung diplomatik di New York dan Washington berdasarkan perintah Gedung Putih.

Keesokan harinya, Rusia meminta AS mempertimbangkan kembali tindakan tersebut. Kremlin berpendapat bahwa tindakan “Paman Sam” memperburuk hubungan kedua negara.