Pengungsi Rohingya tiba dari Myanmar lewat Lomba Beel setelah menyeberangi Sungai Naf di Teknaf, Bangladesh, Kamis (7/9/2017). Mereka menyelamatkan diri dari pertikaian antara militan dan tentara Myanmar. (AFP)

Jabar Galang Bantuan untuk Rohingya

JAKARTA (IndependensI.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggalang bantuan untuk Rohingya. Etnis muslim Rohingya banyak yang terusir dari tempat tinggalnya di Myanmar akibat tindak kekerasan.

“Ini juga sekaligus undangan terbuka bagi warga untuk bergabung di aksi Jabar Peduli Rohingya,” kata Kepala Bagian Publikasi Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Ade Sukalsah, melalui siaran persnya, Jumat (8/9/2017).

Ia menuturkan, Pemerintah Provinsi Jabar menggelar aksi penggalangan dana sebagai bentuk kepedulian atas tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar dengan jalan kaki bersama dari Pusdai ke Gedung Sate, Jumat siang.

Aksi yang akan digelar setelah Salat Jumat itu, kata Ade, sebagai simbol solidaritas, sedangkan langkah nyatanya dengan mengajak masyarakat untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk disumbangkan melalui rekening BJB 2345-6789-1000-1 atas nama Jabar Peduli.

Menurut Ade, aksi ini akan dihadiri langsung oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

“Kita awali dengan salat Jumat dan Gubernur akan menjadi khatib di Pusdai,” katanya.

Usai salat Jumat, massa dari berbagai elemen masyarakat akan melakukan aksi jalan kaki menuju halaman Gedung Sate, untuk selanjutnya membacakan pernyataan sikap oleh Forum Komunikasi Umat Beragama.

“Kita akan jalan kaki bersama, di titik finish yaitu di halaman Gedung Sate, akan dibacakan pernyataan sikap dari Forum Komunikasi Umat Beragama,” katanya.

Ia berharap, aksi solidaritas yang digelar bersama masyarakat Jabar dapat menjadi perhatian internasional untuk selanjutnya aksi kekerasan di Myanmar dapat dihentikan.

“Mudah-mudahan terdengar oleh dunia internasional, bahwa Jawa Barat peduli dan mengutuk keras tragedi kemanusiaan ini,” katanya.