Bus Terbalik, 25 Tewas dan Puluhan Terluka

JAKARTA (IndependensI.com) – Setidaknya 25 orang tewas dan 57 lainnya luka-luka setelah sebuah bus padat penumpang terbalik di Republik Demokratik Kongo, Minggu (10/9/2017). Bus nahas tersebut dalam perjalanan dari Kikwit ke Kinshasa.

Wali Kota Kikwit, Leonard Mutangu, sebelumnya mengatakan bahwa korban tewas mencapai 13 orang dan korban luka 64 orang. Namun siaran televisi setempat beberapa jam kemudian memberitakan angka yang lebih besar.

Para saksi mata mengatakan tubuh para penumpang bergelimpangan di jalan. Sebagian penumpang terperangkap di dalam bus. Puluhan korban luka dibaringkan di jalan, beberapa orang di antaranya berdarah-darah.

Korban luka kemudian dievakuasi ke rumah sakit umum di Kikwit, yang terletak sekitar 20 kilometer dari lokasi kejadian.

“Kami kewalahan menerima korban luka, terutama karena persediaan obat-obatan sudah menipis. Kami selalu kesulitan menangani korban kecelakaan seperti ini,” kata Guy Kilundu, salah satu dokter di rumah sakit tersebut seperti dikutip kantor berita AFP, Senin (11/9/2017).

Saksi mata menduga pengemudi mabuk dan mengendarai bus dalam kecepatan tinggi. Di Kongo, kecelakaan lalu lintas kerap terjadi. Pada Jumat (8/9/2017), sebanyak 11 orang tewas setelah truk barang terbalik di Kasai.