ilustrasi

Listrik Padam Penyebab Air PDAM Gresik Mampet

GRESIK (IndependensI.com) – Suplai air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Gresik, Jawa Timur, pada beberapa bulan terakhir yang sering tersendat. Akibat, sering padamnya aliran listrik PLN yang selama ini menjadi penopang untuk menghidupkan mesin pompa air.

Humas PDAM Giri Tirta Gresik, Ismail saat dikonfirmasi IndependensI.com mengakui jika pada beberapa bulan ini suplai air bersih ke pelanggannya mengalami kendala. “Tersendatnya suplai air ke pelanggan pada beberapa hari terakhir ini, bukan karena pasukan air yang menipis akibat musim kemarau. Tapi distribusi air kami ke pelanggan tersendat, lebih disebabkan oleh seringnya aliran listrik PLN yang padam,” katanya, Senin (25/9/2017).

“Bahan baku air PDAM ini kan ada didaerah Legundi, Kecamatan Driyorejo sana. Nah ketika listrik padam ya jelas mesin pompa air tidak berfungsi sehingga air tidak bisa ngalir,” ujarnya.

Seringnya terjadi pemadaman listrik diwilayah Driyorejo ini, tentu saja menimbulkan kerugian besar bagi kami. Seperti, protes dari pelanggan akibat air tidak keluar. Tidak hanya itu, fasilitas kami berupa mesin pompa air juga bisa rusak. Sebab, kalau mesin pompa air mati untuk menormalkannya lagi butuh waktu 2 jam,” terangnya.

Di tambahkan Ismail, pemadaman listrik di wilayah Legundi yang sering terjadi. Pihak PDAM tidak perna diberitahu terlebih dahulu oleh pihak PLN. “Kalau kami diberitahu sebelum listrik padam, kan bisa kami antisipasi dengan mematikan mesin untuk diganti dengan ganset,” tukasnya.

“Sebulan terakhir ini saja, kami sudah dua kali mengalami kerusakan mesin pompa di Legundi. Dan pipa meledak karena saat listrik padam lalu nyalah lagi, secara otomatis air masuk dalam pipa melebihi kafasitas menimbulkan pipa pecah,” tandasnya. (Rezereno)