Ilustrasi. (Dok/Ist)

Kejuaraan Uji Coba Disiapkan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Dalam rangka menyambut gelaran bergengsi Asian Games 2018, 14 timnas bola voli dari 14 negara akan turun dalam kejuaraan uji coba Asian Games 2018 pada 18-22 Oktober mendatang di kompleks Jakabaring Palembang, Sumatera Selatan.

“Peserta yang akan mengikuti kejuaraan tingkat Asia-Pasifik itu terdiri dari 26 (tim) putra dan 18 (tim) putri dari 14 negara,” kata Kepala Bidang Voli Pantai Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Slamet Mulyanto seperti dikutip dari Antara, Jumat (29/9). Negara-negara peserta Kejuaraan Bola Voli Asia-Pasifik 2017 itu antara lain Arab Saudi, Australia, Hong Kong, Indonesia, Iran, Jepang, Kazakhstan, Qatar, Singapura, Selandia Baru, dan Thailand.

“Kami tentu ingin memastikan kesiapan penyelenggaraan termasuk arena, sumber daya manusia, dan fasilitas penunjang lain jelang pertandingan Asian Games pada Agustus 2018 nanti,” ujar Slamet. Panitia penyelenggara kejuaraan uji coba cabang bola voli Asian Games, lanjut Slamet telah memesan tambahan pasir pantai dari Belitung. “Kami mengharapkan penambahan pasir sudah ada pada Minggu (1/10). Setidaknya, semua persiapan sudah selesai pada 10 Oktober,” ujarnya.

Slamet mengatakan gelanggang voli pantai di kompleks olahraga Jakabaring Palembang mempunyai lapangan latihan dan lapangan tanding yang memadai sehingga panitia lebih terbantu dalam persiapan penyelenggaraan. Cabang voli pantai adalah satu dari empat cabang olahraga yang akan menggelar kejuaraan uji coba Asian Games 2018 pada Oktober 2017.

Tiga cabang lain yang juga melaksanakan kejuaraan uji coba pada Oktober yaitu cabang judo di GOR Kelapa Gading Jakarta pada 18-23 Oktober, cabang rugby di GOR Soemantri Brodjonegoro Jakarta pada 23-25 Oktober, cabang wushu di Sports Mall Kelapa Gading Jakarta pada 24-29 Oktober.

Pada Asian Games 2018, voli pantai termasuk dalam disiplin olahraga bola voli yang menggelar empat nomor pertandingan yaitu tim voli putra, tim voli putri, tim voli pantai putra, dan tim voli pantai putri. Pertandingan bola voli dan bola voli pantai juga termasuk dalam dua acara yang akan disiarkan langsung sepanjang Asian Games.