Ilustrasi. (Dok/Ist)

PBTI Fokus Nomor “Poomsae”

JAKARTA (IndependensI.com) – Indonesia memfokuskan pelatihan dua atlet taekwondo nasional di Gacheon University Songnam City, Korea Selatan, mulai 15 Maret hingga 31 Juli menyusul persiapan mengikuti Asian Games 2018. “Dua atlet poomsae yang berlatih di Songnam City adalah Defia Rosmaniar dan Muhammad Alfi Kusuma. Mereka adalah atlet poomsae individu putri dan individu putra,” kata Kepala Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga Pengurus Besar Taekwondo Indonesia (PBTI) Rahmi Kurnia seperti dikutip dari Antara, Senin (19/03/2018).

Selain dua atlet itu, Rahmi mengatakan sebanyak empat atlet lain poomsae PBTI juga akan menyusul pelatihan luar negeri di Korea Selatan meskipun harus mengikuti pelatihan poomsae baru di Muju, Korea Selatan. Empat atlet itu adalah Maulana Haidir, Muhammad Abdurrahman Wahyu, Akhmad Syaiful Anwar, dan Abdul Rahman Darwin. “Sebagian atlet itu merupakan atlet-atlet yang diproyeksikan meraih medali emas dalam Asian Games 2018. Tapi, kami juga mempunyai atlet-atlet disiplin kyorugi yang juga berpotensi merebut medali emas,” kata Rahmi.

PBTI, lanjut Rahmi, akan mengirim atlet-atlet kyorugi untuk mengikuti kejuaraan uji coba dalam Jerman Terbuka 2018 pada 4 April dan pelatihan di Sehan University Korea Selatan pada 16 April. “Atlet-atlet kyorugi akan berada di Korea Selatan hingga 23 Mei dan 24 Mei mereka akan mengikuti kejuaraan Asia di Vietnam pada 24-28 Mei,” kata Rahmi. Sebelumnya, PBTI menyatakan akan menurunkan kekuatan penuh dalam Asian Games 2018.