Suasana pembukaan Pekan Olahraga Nasional. (Dok/Ist)

KONI Kalsel Bersiap PON 2024

Loading

TABALONG (IndependensI.com) – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Kalimantan Selatan, Bambang Hari Purnama menyatakan, Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalsel X di Tabalong, merupakan salah satu upaya daerah untuk menyiapkan dan mendukung program Gubernur Kalimantan Selatan,  Sahbirin Noor menjadikan Kalsel tuan rumah PON 2024. Hal itu disampaikan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Selatan, pada pembukaan Porprov Kalsel X di Stadion Tabalong Bersinar, Minggu (8/10).

“Selain untuk menjalin tali silaturrahmi, Poprpov ini berfungsi sebagai ajang pembinaan prestasi olahraga di Kalimantan Selatan,” katanya seperti dikutip dari Antara, Senin (9/10). Bambang menjelaskan, Poprpov X di Tabalong ini juga diharapkan sebagai awal untuk meraih kejayaan olahraga, sekaligus mendukung program Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor bahwa Prov Kalsel siap menjadi tuan rumah pada Pekan Olahraga Nasional (PON) yang digelar 2024. Tujuan lainnya, digelarnya Porprov adalah salah satu strategi daerah dalam menghadapi PON ke-20 yang akan dilaksanakan di Papua pada 2020.

Sementara itu Ketua Umum Panitia Pelaksana Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Selatan, Anang Syahfiah mengatakan, Porprov X diikuti 6.505 atlet dan ofisial dari 13 kabupaten kota, dengan mempertandingkan 35 cabang olahraga (Cabor). Dikatakan dia, pelaksanaan Porprov X di Tabalong mulai dilaksanakan pada 26 September hingga 8 Oktober 2017 sebanyak 10 cabang olahraga. Sisanya atau sekitar 17 cabang olahraga lainnya akan dipertandingkan mulai 8 – 15 Oktober 2017.

Lebih jauh Anang mengatakan, ke-35 cabang olahraga yang dipertandingkan adalah, sepak bola, senam, pencak silat, atletik, dayung, balap sepeda, judo, aerosport, anggar, angkat besi, dan binaraga. Cabang olahraga bermotor, billiard, bola basket, bola voli, bola voli pasir, bridg, bulu tangkis, catur, dansa, drumband, futsal, gulat, golf, karate, kempo, menembak, panahan, panjat tebing, renang, sepak takraw, taekwondo, tenis lapangan, tenis meja, dan tinju.