Gelandang Jerman, Emre Can (tengah), merayakan golnya bersama Julian Brandt (kiri) dan Leroy Sane saat menjamu Azerbaijan pada kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Fritz Walter, Kaiserslautern, Jerman, Senin (9/10/2017) dini hari WIB. (AFP)

Jerman 10 Sempurna Menuju Piala Dunia 2018

JAKARTA (IndependensI.com) – Jerman membukukan kemenangan ke-10 dari 10 laga kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Eropa usai mengalahkan Azerbaijan 5-1 di Stadion Fritz Walter, Kaiserslautern, Jerman, Senin (9/10/2017) dini hari WIB.

Jerman menyamai rekor Spanyol sebagai negara yang lolos ke putaran final Piala Dunia dengan rekor kemenangan sempurna di kualifikasi Eropa sepanjang sejarah.

Leon Goretzka mengawali keunggulan “Mannschaft” hanya sekitar delapan menit dari kick-off. Azerbaijan, yang sudah tersingkir, berhasil menyamakan skor lewat gol Ramil Sheydaev di menit 34. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama usai.

Pantang imbang di kandang, Jerman tampil lebih agresif di babak kedua. Sandro Wagner mengembalikan keunggulan Jerman di menit 54. Antonio Rudiger memperbesar keunggulan tim tuan rumah di menit 64. Dua menit berselang, Goretzka kembali mencatatkan namanya di papan skor. Gol Emre Can di menit 81 melengkapi dominasi Jerman.

Jerman lolos ke Rusia 2018 sebagai juara Grup C dengan nilai maksimal 30 poin dan mengemas rekor kualifikasi Zona Eropa dengan 43 gol. Sukses Jerman mengulangi keberhasilan Spanyol di kualifikasi Piala Dunia 2010.

“Keliru jika menggunakan penampilan di kualifikasi ini sebagai ukuran. Memang kami meraih hasil yang bagus, tapi Piala Dunia nanti urusan lain,” kata pelatih Jerman, Joachim Loew.

“Pasti sulit menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya berturut-turut,” ujarnya.

San Marino menjadi bulan-bulanan kontestan lain dengan kemasukan total 51 gol dan hanya bisa bikin dua gol.