Alyssa Tirtosentono. (Istimewa)

Alyssa: Berdarah Indonesia, Membela Belanda

YOGYAKARTA (IndependensI.com) – Tanpa banyak orang yang tahu kalau ada pebulutangkis muda berdarah Indonesia tetapi membela tim Belanda. Ya, dia adalah Alyssa Tirtosentono. Dari nama dan perawakannya saja, orang akan mengira pemain kelahiran 29 Maret 2000 ini adalah bagian dari tim tuan rumah yang berlaga di perhelatan World Junior Championships 2017 di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Keberadaannya tidak terlalu mencolok. Warna kulit dan wajahnya tidak seperti “bule” pada umumnya dan cenderung berkulit sawo matang serta berwajah suku Jawa. Ternyata, Alyssa memang memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya. Ia merupakan pemain Belanda keturunan Jawa. “Kakek dan nenek saya orang Jawa, tapi saya tidak bisa berbahasa Indonesia,” kata Alyssa seperti dikutip dari Badmintonindonesia, Selasa (10/10).

Kedatangannya ke Indonesia kali ini pun ternyata bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Alyssa mengatakan sudah dua kali berkunjung ke rumah keluarganya di Jakarta, untuk liburan. Indonesia bukanlah hal asing baginya. Ia bahkan banyak menyukai makanan khas Indonesia. “Di sini makanannya enak-enak, saya suka nasi goreng, sate, pisang goreng,” ungkap Alyssa.

Alyssa pun bercerita bagaimana ia pertama kali terjun ke dunia bulutangkis. Kecintaan keluarganya terhadap olahraga ini, membuat Alyssa ikut bermain bulutangkis. “Keluarga saya bermain bulutangkis, dan saya pikir rasanya cukup keren bermain bulutangkis. Jadi saya putuskan untuk ikut bermain,” ujarnya. Alyssa juga ternyata mengidolakan pemain bulutangkis asal Indonesia, yaitu Greysia Polii. “Dia merupakan pemain putri yang bagus. Tekniknya bagus dan dia juga pintar,” kata Alyssa.

Mengenai target, Alyssa berharap bisa turun memperkuat Belanda di Olimpiade. “Saya ingin bermain Olimpiade, tapi sebelum itu tentunya di Kejuaraan Eropa dan Kejuaraan Dunia dulu,” kata pemain ganda putri merangkap ganda campuran tersebut.