Kementerian PUPR Selesaikan Penataan Kawasan Kumuh Batu Merah Ambon

BATU MERAH (IndependensI.com) – Kementerian PUPR juga telah menyelesaikan penataan bangunan kawasan Mardika-Batu Merah. Pemukiman penduduk di Batu Merah yang dahulu terlihat kumuh kini sudah tertata cukup rapi.

“Saya lihat di sini, kawasannya sudah tertata rapi, bersih, tidak ada sampah. Sementara banyak ibu rumah tangga yang berbisnis kuliner. Kalau kondisinya demikian bersih dan tertata, akan menarik minat orang untuk berkunjung. Ini potensi keekonomian yang bisa digarap lebih serius. Pada gilirannya, penghasilan (income) pun meningkat,” tutur Rina, saat berkunjung ke Desa Batu Merah.

Joni Anwar dari Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Hatukau, Desa Batu Merah menjelaskan, jalan lingkungan dan saluran air di Batu Merah yang dahulu kecil dan kumuh tidak  kini  sudah ada lagi. “Ini dulu, jalan kecil sekali”, ujar Joni. Dengan adanya jalan lingkungan yang diperlebar,  mempermudah akses masyarakat di kawasan Batu Merah. Joni mengakui, program penataan kawasan sangat membantu masyarakat untuk  menempati permukiman yang layak huni.

Pembangunan kawasan Mardika-Batu Merah terdiri dari 2 tahap. Tahap I dilaksanakan dari Mei hingga Desember 2015 dengan anggaran Rp 6,23 milyar rupiah. Sementara, Tahap II dilaksanakan dari Februari hingga Oktober 2016 dengan anggaran Rp 4,6 milyar rupiah.

Pemerintah melalui Kementerian PUPR terus memfasilitasi dan mendorong mewujudkan rumah layak huni di kawasan perkotaan dengan dukungan komitmen pemerintah daerah, peran aktif masyarakat serta pemangku kepentingan lainnya pada tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga pemanfaatan dan pemeliharaan.