Han Yue. (Istimewa)

Han Yue: Saya Bermain Tenang

YOGYAKARTA (IndependensI.com) – Bermain tanpa beban dan tetap fokus bisa menjadi kunci kemenangan. Apalagi ditambah dengan bermain dengan tenang dan berupaya membaca pola permainan lawan, sudah barang tentu membawa kemenangan. Adalah pebulutangkis tunggal putri, Han Yue sukses menjadi pahlawan bagi tim Tiongkok pada babak final beregu BWF World Junior Championships 2017, akhir pekan lalu. Ia menjadi penentu kemenangan Tiongkok setelah mengalahkan Goh Jin Wei, Malaysia, dengan skor 21-16, 20-22 dan 21-8. Han menyumbangkan poin ketiga untuk timnya, pada posisi poin 2-1 untuk Tiongkok.

“Saya tidak menggunakan taktik apa-apa, hanya bermain yang terbaik aja. Karena Goh Jin Wei juga bermain dengan sangat baik,” kata Han Yue. “Saya hanya bermain tenang dan fokus, serta yakin kalau saya bisa mengatasi dengan baik. Tadi saya sempat kelelahan juga,” ungkap Han.

Pertemuan ini menjadi yang pertama buat Han dengan Goh. Melihat kekuatan di atas kertas, Han sebenarnya tak lebih diunggulkan dengan posisi di rangking 109 dunia. Sedangkan Goh sendiri saat ini menduduki rangking 40 dunia. Dengan kemenangan tersebut, Tiongkok berhasil merebut Piala Suhandinata untuk yang ke-12 kalinya. Kemenangan bahkan terjadi dalam empat kali berturut-turut untuk Tiongkok, sejak tahun 2014.