Rinov Rivaldy/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan. (Istimewa)

Indonesia Tembus 16 Besar

YOGYAKARTA (IndependensI.com) – Sedikitnya 12 wakil Indonesia melaju ke babak 16 besar BWF World Junior Championships 2017 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Rabu (18/10). Rinov Rivaldy/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menjadi wakil terakhir Indonesia yang memastikan kemenangannya. Rinov/Yeremia lolos setelah mengalahkan Chow Hin Long/Mak Pak Ngai, Hong Kong, dengan skor 21-8 dan 21-19.

“Game pertama mainnya menekan lawan terus. Tapi game kedua kami agak santai. Tadi lawan banyak mati sendiri dan mereka tidak terlalu lepas. Buat besok nggak boleh terlalu santai lagi, karena lawan semakin berat,” kata Yeremia seperti dikutip dari rilis Humas PP PBSI.

Pada babak 16 besar, Rinov/Yeremia kemudian akan berhadapan dengan unggulan tiga asal India, Krishna Prasad Garaga/Dhruv Kapila. “Harus jaga kondisi lagi, soalnya harus lebih fight lagi, lebih punya rasa tanggung jawab di lapangan. Kami harus mempersiapkan mental dan fisik kami,” ujar Rinov.

Selain itu, pasangan ganda putra, Adnan Maulana/Muhammad Shohibul Fikri juga berhasil menang, setelah berhadapan dengan Robert Cybulski/Tymiteuz Malik, Polandia. Adnan/Fikri menang mudah dengan 21-9 dan 21-11. Sayangnya, hasil yang sama tak bisa diperoleh Ade Bagus Sapta Ramadhany/Ghifari Anandaffa Prihardika. Mereka kalah dalam dua game, 14-21 dan 19-21 dari wakil Tiongkok, Di Zijian/Wang Chang.

Dari sektor tunggal putra, Indonesia masih punya dua wakil, yaitu Alberto Alvin Yulianto dan Muhammad Rehan Diaz. Keduanya kemudian sama-sama akan berhadapan dengan pemain unggulan. Alvin bertemu Kodai Naraoka, unggulan enam asal Jepang, sedangkan Rehan denagn Lakshya Sen, unggulan dua dari India. Selanjutnya dari tunggal putri, Gregoria Mariska Tunjung, Aurum Oktavia Winata dan Choirunnisa, berjajar untuk sama-sama memperebutkan posisi di babak perempat final.

Sektor ganda putri masih punya dua wakil di 16 besar, yaitu Ribka Sugiarto/Jauza Fadhila Sugiarto dan Agatha Imanuela/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sedangkan ganda campuran meloloskan Rehan Naufal Kusharjanto/Siti Fadia Silva Ramadhanti, Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan/Angelica Wiratama dan Rinov Rivaldy/Phita Haningtyas Mentari.