Menteri PUPR Meninjau Proyek Percontohan Pengganti Bronjong

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Muljono  mendengarkan laporan kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk – Cisanggarung dalam rapat internal dengan satuan Kerja BBWS Cimanuk – Cisanggarung  di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk – Cisanggarung Cirebon, Jumat siang (20/10/2017).

Di sela-sela rapat internal  Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyempatkan diri  meninjau pilot projek (proyek percontohan) alat pengganti bronjong SUPW (Deplot Sestim Urug dengan Perkuatan Wadah)  teknologi berwawasan lingkungan. Alat ini dipercaya akan lebih ekonomis dan ramah linhkungan.

Alat SUPW rencananya akan diuji-coba di Sungai Babakan  bulan Nopember nanti. Teknologi ramah lingkungan yang yang  diperlihatkan kepada  menteri Basuki merupakan kelas medium dengan 8 variasi panel .

Alat demplot sistem urug dengan perkuatan wadah SUPW generik kelas premium atau panel terbuat dari beton dan kelas ekonomi panel terbuat dari bambu akan dikembangkan , mau mengembangkan sistem yang murah dan ramah lingkungan .

“SUPW  ada bolong-bolong di sana ditanami pohon itu tumbuh setelah 23 tahun atau sampai 5 tahun. Kalau sudah stabil tanahnya kita cabut lagi nanti ke tempat lain. Mudah-mudahan berhasil.Ini kan ada bambu ,ada batu ,ada botol plastik aqua,”  Ujar pejabat dari BBWS Cimanuk-Cisanggarung Cirebon

Turut hadir mendampingi Menteri PUPR  Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S.Atmawidjaja.