Kementerian PUPR dan KPPIP Pameran Foto hasil Pembangunan Infrastruktur

JAKARTA (IndependensI.com) – Selama tiga tahun pemerintahan Jokowi, pembangunan infrastruktur menjadi salah satu dari program prioritas nasional selain program energi, perhubungan, komunikasi, sumber daya air dan perumahan. Karenanya, di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun berbagai macam proyek infrastruktur yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai Pulau Rote.

Foto-foto infrastruktur yang ditampilkan terdiri dari  transportasi, komunikasi, energi, perumahan dan air yang anatara lain berupa bendungan, irigasi, air minum sanitasi, pengendali banjir, menampilkan 69 foto dari sekitar 2100 foto yang dihasilkan oleh 800 peserta

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, masyarakat bisa menyaksikan langsung berbagai proyek infrastruktur yang dibangun di seluruh Indonesia. Sehingga apa yang dilakukan oleh Kementerian PUPR adalah nyata tidak sebatas impian semata. “Ini merupakan laporan pertanggungjawaban visual kepada masyarakat, ada bukti visual terhadap pembangunan infrastrukturnya.dan melibatkan fotografer sebagai dokumentasi sejarah,” kata Menteri Basuki.

Melalui karya fotografi, tambah Menteri Basuki, masyarakat bisa melihat dari berbagai angle keindahan proyek-proyek infrastruktur PUPR.Tentunya setiap fotografer memiliki pengamatan yang beragam sehingga hasilnya pasti berbeda. Fofografi adalah melukis dengan cahaya.

Ketika ditanyakan mengenai foto yang menarik, Menteri Basuki menjelaskan bahwa foto harus dapat berbicara. Foto infrastruktur akan lebih hidup jika menunjukan manfaat untuk masyarakat. Dicontohkannya, bendungan dengan kegiatan masyarakat memancing ikan. Serta, infrastruktur jalan dengan pengguna jalan.