Ilustrasi. (Dok/Ist)

Timnas Futsal Tanpa Ujicoba

JAKARTA (IndependensI.com) – Timnas futsal Indonesia disayangkan tidak menjalani laga uji coba sebelum mengikuti kejuaraan AFF Futsal 2017 yang akan berlangsung di Ho Chi Minh, Vietnam, pada 26 Oktober-3 November. “Kami sudah berlatih di Lombok selama empat hingga lima pekan setelah mengikuti SEA Games 2017 di Malaysia. Persiapan kami sudah bagus, tapi sayang tidak ada laga uji coba buat para pemain,” kata asisten pelatih timnas futsal Indonesia Yori Van Der Torren seperti dikutip dari Antara, Minggu (22/10).

Asisten pelatih asal Belanda itu mengatakan Timnas Futsal Indonesia kalah dari tim Vietnam pada SEA Games 2017 menyusul durasi latihan yang hanya satu pekan. “Kami telah melihat penampilan para pemain di Malaysia. Ad beberapa pemain yang tampil konsisten dan kami akan membawa mereka ke Vietnam,” ujar Yori. Tim pelatih Indonesia, lanjut Yori, telah mengetahui kualitas permainan timnas Vietnam dan tim Myanmar meskipun kedua tim itu adalah tim yang akan menjadi lawan tangguh pada grup A AFF Futsal 2017.

Lebih jauh Yori mengatakan, Timnas Futsal Indonesia perlu mewaspadai semua tim lawan AFF Futsal 2017 meskipun tim Vietnam dan Myanmar akan menjadi lawan tangguh pertama pada grup A. “Tim Filipina akan menjadi ujian pertama bagi tim kami. Kami juga akan melihat pertandingan mereka lawan tim lain,” kata Yori.

Yori mengatakan, pelatih kepala Timnas Futsal Indonesia Victor J. Hermnas telah berada di Ho Chi Minh menyusul jadwal semula timnas yang sudah berada di Vietnam pada Sabtu (21/10). “Semula, kami menjadwalkan tim sudah berada di Vietnma pada Sabtu agar mereka dapat beradaptasi dengan kondisi di sana. Kami juga berharap ada laga uji coba dengan grup B tapi itu tidak disetujui,” kata Yori.

Timnas futsal Indonesia berada dalam grup A kejuaraan AFF Futsal 2017 bersama tim Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Brunei Darussalam. Sedangkan grup B terdiri dari tim Thailand, Malaysia, Timor Leste, dan Laos.