Pembalap Inggris, Lewis Hamilton, merayakan keberhasilannya menjuarai Grand Prix Amerika bersama awak tim Mercedes di Sirkuit The Americas, Austin, Texas, Senin (23/10/2017) pagi WIB. Kemenangan Hamilton memastikan Mercedes juara konstruktor musim ini. (AFP)

Hamilton Dekati Gelar Juara Dunia

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Lewis Hamilton melangkah lebih dekat menuju gelar juara dunia Formula 1 2017 setelah menjuarai Grand Prix Amerika di Sirkuit The Americas, Austin, Texas, Senin (23/10/2017) pagi WIB.

Pembalap Mercedes asal Inggris itu memulai lomba dari pole position yang ke-72 sepanjang kariernya. Hamilton sempat tertinggal saat start namun mampu balik lagi ke depan. Hamilton menyelesaikan lomba sebagai juara untuk kesembilan kalinya tahun ini, yang kelima di Texas, dan yang ke-62 dalam kariernya.

Hasil Grand Prix Amerika

Sebastian Vettel masuk finis di urutan dua. Pembalap Ferrari itu tertinggal 66 angka dari Hamilton. Dengan hasil ini, Hamilton hanya butuh finis di posisi lima pada Grand Prix Meksiko pekan depan untuk meraih gelar juara dunianya yang keempat.

“Hari yang amat indah. Saya senang lintasan ini. Saya pikir sirkuit ini adalah favorit saya,” kata Hamilton seperti dikutip kantor berita AFP.

Kemenangan Hamilton, ditambah poin Valtteri Botas yang finis kelima, memastikan Mercedes sebagai juara konstruktor untuk keempat kalinya berturut-turut. Mercedes tak terkejar lagi setelah mengumpulkan 575 poin, unggul 147 angka atas Ferrari.

“Saat start saya tampak baik-baik saja tapi dengan cepat kami menyadari bahwa kami tidak secepat Lewis. Secara keseluruhan, ini bukan hasil yang kami harapkan,” kata Vettel.

Pembalap Belanda, Max Verstappen, melintasi finis di urutan tiga setelah manuver kontroversialnya di tikungan terakhir. Verstappen keluar dari lintasan untuk melewati pembalap kedua Ferrari, Kimi Raikkonen.

Manuver itu langsung diselidiki oleh pengawas lomba. Verstappen, yang sudah berada di ruang tunggu di belakang podium, dinyatakan bersalah dan dihukum lima detik. Sanksi itu menyebabkannya turun ke peringkat empat. Podium ketiga pun menjadi milik Raikkonen.