Pelatihan UMKM Dibuka Wakil Wali Kota Bekasi. (foto:jonder sihotang)

Pelaku UMKM Dibantu Website Gratis

BEKASI (IndependensI.com)-  Guna membantu informasi terkait keberadaan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM), Pemkot Bekasi memberikan pelatihan e-commerce, fotografi produk dan penyerahan bantuan website gratis satu tahun bagi pelaku UMKM. Pelatihan dibuka Wakil Wali Kota Bekasi  Ahmad Syaikhu, Kamis (26/10/2017).

Kegiatan ini digagas Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi)  serta Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kota Bekasi yang bekerjasama dengan Kementerian Komunikasi Informatika RI.

Tujuan diselenggarakannya pelatihan tersebut untuk memberdayakan serta meningkatkan pengetahuan para pelaku UMKM Kota Bekasi.

Syaikhu mengemukakan, bahwa UMKM menyimpan potensi ekonomi yang sangat besar. Maka perlu mengembangkan progam dan kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas sumber daya manusia UMKM.

Diharapkan, melalui berbagai progam dan kegiatan itu  akan terwujud UMKM yang berdaya saing dan menjadi tulang punggung perekonomian rakyat yang memiliki daya tahan tinggi menghadapi berbagai tantangan di depan.

Kemajuan teknologi informasi katanya,  perlu dimanfaatkan para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnisnya melalui e-commerce. Peluangnya terbuka lebar dan secara teknis mudah dijalankan. Dalam hal ini Kementerian Kominfo RI memiliki progam satu juta domain yang dapat dipergunakan oleh UMKM dengan domain Web Hosting Indonesia, ujarnya.

Melalui pemanfaatan e-commerce dalam operasional bisnis, UMKM akan mendapatkan akses pasar yang lebih luas dan berpeluang menggaet pelanggan baru. Pelanggan akan lebih mudah mendapatkan informasi yang diperlukan secara online, terangnya. (jonder sihotang)