Ilustrasi penggunaan kartu e-toll. (Dok/Ist)

Jasa Marga: Pastikan Kesiapan Gardu dan Petugas di Lapangan

JAKARTA (IndependensI.com) – Menjelang pelaksanaan pembayaran non tunai secara 100% di jalan tol seluruh Indonesia pada Selasa (31/10), PT Jasa Marga (Persero) Tbk pastikan kesiapan gardu dan petugas di lapangan. Seperti dikutip dari rilis resmi, Jasa Marga juga memastikan infrastruktur yang laik fungsi serta dukungan petugas di lapangan melalui prosedur standar operasi untuk mengantisipasi apabila terjadi kepadatan di gerbang tol. Selain itu untuk meminimalisir situasi seperti karena saldo uang elektronik yang habis/kurang atau tidak terbaca/rusak.

Terkait dengan sumber daya manusia (SDM) jelang pemberlakuan 100% non tunai di jalan tol, sama seperti Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya, Jasa Marga menegaskan tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan yang selalu dianggap sebagai dampak diberlakukannya program Pemerintah tersebut.

Jasa Marga bekerjasama dengan perbankan terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan guna memberikan solusi terhadap permasalahan mesin mesin uang elektronik, hingga melakukan sosialisasi masif bersama BUJT di bawah koordinasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Hal ini dilakukan agar pengguna jalan dapat terinfo secara merata.

Hingga Senin (30/10), tercatat sudah mencapai 99% gerbang tol milik Jasa Marga telah menerapkan pembayaran non tunai atau penggunaan e-toll. Diharapkan akan menjadi 100% tepat pada 31 Oktober 2017. Salah satu upayanya dengan mengubah Gardu Tol Hybrid menjadi Gardu Semi Otomatis (GSO).

Tunda Pelaksanaan

Sementara itu, pekerjaan konstruksi “Erection Steel Box Girder” untuk proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) di KM 46+200 arah Cikampek, Jasa Marga melalui Anak Usahanya, PT Jalanlayang Jakarta Cikampek (JJC) menunda waktu pelaksanaan pekerjaannya. Dari jadwal yang ada, seharusnya dilakukan pada Senin, 30 Oktober 2017 pukul 22.00-04.00 WIB. Dengan adanya penundaan pekerjaan, maka lalu lintas Jalan Tol Jakarta Cikampek arah Cikampek kembali normal dan tidak dilakukan penutupan satu lajur arah Cikampek pada kilometer terkait.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan melalui informasi terkini yang dapat diakses melalui: Call Center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya). Instagram @official.jasamarga dan Website http://www.jasamarga.com.