RJ Lovers, Komunitas Pendukung Indonesia Maju dan Damai

JAKARTA (IndependensI.com) – Komunitas pendukung atau relawan Presiden Joko Widodo makin bertaburan di mana-mana. Salah satunya adalah Relawan Jokowi (RJ) Lovers (RJ Lovers) beranggotakan ratusan orang di seluruh Indonesia yang eksis di media sosial. RJ Lovers dapat dikatakan cukup eksis dan aktif mengadakan kegiatan dalam mensosialisasikan program-program atau kinerja pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Komunitas ini sebetulnya tidak ada hubungan langung dengan Presiden Joko Widodo. RJ Lovers justru merupakan kumpulan orang-orang berpikiran cerdas dan maju serta sepaham dengan konsep dan program Presiden Joko Widodo dalam memajukan bangsa dan negara. Mereka rindu bangsa ini maju, rakyatnya sejahtera, uang negara tidak dikorupsi dan hal-hal positif lainnya.

Ibaratnya tanaman, mereka tumbuh sendiri dari sebuah konsep dan pemikiran yang sama. Mereka menyadari bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar dan harus dikelola dengan baik, sehingga masyarakatnya aman dan tenteram serta sejahtera. Konsep yang mereka pikirkan itu ada di pemerintahan Jokowi-JK. Mereka mendambakan hidup rukun dan damai sesama anak bangsa, bangsa maju tidak ketinggalan dengan bangsa lain serta menghargai jasa para pahlawan yang mendirikan dan memerdekakan bangsa ini dari tangan penjajah.

Oleh karena itu, RJ Lovers akan selalu memantau setiap kegiatan yang dilakukan pemerintahan Jokowi-JK. “Mendukung bukan berarti tidak mengkritisi,” Lollytha M Celvita, yang merupakan salah satu inisiator RJ Lovers. Kalau program pemerintah menyimpang atau ada kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan kepentingan rakyat, maka mereka ikut mengkritisi. “Jadi, kami tidak mendukung secara membabi buta,” kata Lollytha kepada IndependensI.com, Selasa (31/10/2017).

Lollytha M Celvita, salah satu inisiator Relawan Jokowi (RJ) Lovers

Tentang anggota komunitas RJ Lovers berasal dari berbagai latar belakang. Mulai dari petani, dokter, dosen, pengusaha, politisi, anggota DPR, pengacara, mantan pejabat, polisi, aktivis, nelayan, pedagang kelontong, selebriti hingga ibu rumah tangga. Dari latar belakang keanggotaan ini maka semua hal bisa didapatkan informasi dan juga didiskusikan. Intinya, demi bangsa dan negara. Dari sini pula dikembangkan pemikiran-pemikiran positif dan bagaimana menyebarkan kebaikan kepada semua anak bangsa.

“Namun dalam diskusi RJ Lovers kadang ada yang konyol juga,” kata Lollytha. Namanya juga organisasi dunia maya selalu ada yang unik-unik. Ada yang serius, ada yang ngelawak dan ada juga yang nyentil. Kadang diskusi sampai panas, tetapi satu hal diskusi harus produktif.

Artinya tidak seperti sebagian besar group diskusi-diskusi lain di dunia maya yang hanya berputar pada tataran konsep dan retorika tanpa aksi. RJ Lovers agak beda karena selain mendiskusikan suatu masalah, ada tindak lanjut atau penyelesaian, karena anggota punya network ke pengambil keputusan.

Dicontohkan kasus seorang pendukung Ahok yang di Padang yang di usir, bahkan diancam nyawanya. Oleh anggota komunitas dibantu dan dicarikan solusi. Akhirnya, keluarga yang sedang dalam kesusahan itu dibantu termasuk mengurus perpindahan tempat kerjanya, membantu perpindahan sekolah anaknya. Itu semua terlaksana karena anggota komunitas ikut saling membantu.

Hal-hal konkret lainnya adalah menyangkut informasi jalan rusak, kasus radikalisme, diskriminasi atau persoalan yang terkait dengan kebijakan pemerintah. Gagasan yang muncul dari diskusi ini juga di share ke pihak terkait. Paling tidak bisa menyamakan persepsi antara kepentingan masyarakat dengan kebijakan pemerintah.

Tetapi secara umum, RJ Lovers tetap konsisten dengan mendukung kebijakan pemerintah yang dinilai memang bagus untuk rakyat. RL Lovers sendiri terbentuk sekitar Mei 2017 lalu. Sebelumnya, beberapa anggota group RJ Lovers merupakan fans berat Gubernur DKI Jakarta semasa dipimpin Basuki Tjahaja Purnama.

Setelah Ahok kalah dalam Pilkada karena ada pihak yang memanfaatkan isu agama, maka mereka membentuk komunitas baru RJ Lovers. Sebelumnya, mereka bergabung dalam Ahak Fans Club. Semasa Pilkada DKI Ahok-Djarot Fans Club dan kini berganti lagi dengan RL Lovers. Jadi, pendukung setia Ahok dan juga pendukung setiap Presiden Jokowi.

Untuk lebih mengefektifkan peran dan tugas anggota komunitas ini, RJ Lovers mengadakan pertemuan atau copy darat secara rutin. Melalui pertemuan itu, maka antaranggota bisa saling kenal lebih dekat. Biasanya, pertemuan itu dilakukan di salah satu resto atau tempat pertemuan yang dinilai representative. Kalau di Jakarta di kawasan MKG Kepala Gading, juga daerah Cilandak Town Square, dan akhir pekan lalu di The Iron Samurai Coffee Komplek Ketapang Indah, Jakarta Barat. (kbn)