Ilustrasi cabang olahraga angkat besi. (Dok/Ist)

PABBSI Pilih Mako Pasmar Untuk Pelatnas

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengurus Besar Persatuan Angkat Besi, Berat, dan Binaraga Seluruh Indonesia (PB PABBSI) memilih Markas Komando Pasukan Marinir (Mako Pasmar) II di Jakarta sebagai lokasi latihan atlet Pelatnas setelah tiga kali berganti lokasi latihan menyusul renovasi kawasan olahraga Gelora Bung Karno, Jakarta.

“Kami mempunyai target untuk meraih medali emas dalam Asian Games 2018 maupun Olimpiade Tokyo 2020. Cabang angkat besi memang selalu menyumbang medali, tapi belum pernah meraih medali emas,” kata Ketua Umum PB PABBSI Rosan Roeslani seperti dikutip Antara, Rabu (1/11).

Rosan mengatakan, lokasi latihan di Mako Pasmar II itu memberikan jaminan ketenangan bagi para atlet pelatnas PB PABBSI selain memberikan jaminan pengawasan program pelatnas oleh pengurus hingga keikutsertaan dalam Olimpiade Tokyo 2020. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Komandan Korps Marinir yang mengizinkan latihan di markas mereka. Marinir tidak hanya memberikan lokasi latihan, tapi juga sarana dan prasarana lain termasuk wisma perwira sebagai tempat tinggal para atlet,” kata Rosan.

Sebelumnya, atlet-atlet pelatnas angkat besi nasional berpindah lokasi latihan dari kawasan Gelora Bung Karno, lalu ke Cibubur, dan ke Bandung menjelang SEA Games 2017. Pelatnas angkat besi terdiri dari 11 atlet. Mereka adalah Eko Yuli Irawan, Deni, Muhammad Hasbi, Surahmat, I Ketut Ariana, M. Purkon, dan Triyatno. Sementara, atlet-atlet pelatnas putri angkat besi yaitu Sri Wahyuni, Dewi Safitri, Sarah Anggraini, dan Acchedya Jagaddhita.

Pelatih kepala pelatnas angkat besi nasional Dirja Wiharja mengatakan lokasi latihan di Mako Pasmar II telah memenuhi persyaratan bagi cabang angkat besi yaitu lantai yang kuat menahan beban. “Meskipun luas lokasi latihan berbeda dengan di Senayan, kami telah mendapatkan kemudahan akses dan kenyamanan bagi para atlet,” kata Dirja. Selain menyiapkan atlet-atlet utama pelatnas cabang angkat besi, PB PABBSI juga menyiapkan regenerasi dengan mengikutsertakan lima atlet muda hasil Pekan Olahraga Pelajar Nasional dalam latihan di Mako Pasmar II. Lima atlet muda itu adalah Halim Setiawan, Rahmat Erwin Abdullah, Yolanda Putri, Diah Ayu, dan Nurul Akmal.