Ilustrasi. (Dok/Ist)

Bima Perkasa Gagal Lagi

JAKARTA (IndependensI.com) – Tim basket Stapac Jakarta mencatat kemenangan telak 87-54 atas Bima Perkasa Jogja pada laga lanjutan grup B turnamen bola basket nasional pra-musim Piala Perbasi 2017 d Britama Arena, Jakarta, Selasa (7/11). Hasil dari laga ini membuat Bima Perkasa gagal lolos dari Pul B karena telah menderita dua kekalahan dari dua laga. Sebelumnya, Senin (6/11), Bima Perkasa sudah menelan kekalahan dari Hangtuah Sumsel dengan skor 56-70.

Kemenangan bagi Stapac membuka peluang untuk bisa lolos ke babak semifinal. Namun, pelatih Stapac Jakarta Ramos Geraldo Villalon menyebut, di atas kemenangan, dirinya lebih mementingkan kepaduan tim. “Ini baru gim pertama dan saya masih ingin membangun karakter tim. Semoga ke depan terutama di IBL nanti tim bisa lebih kompak,” ujar Ramos seperti dikutip Antara.

Ditanyakan mengenai target Stapac di Perbasi Cup 2017, Ramos menjawab diplomatis. “Kalau memang bisa juara, mengapa tidak? Saya akan terus memacu tim agar bisa naik ke level berikutnya,” kata pelatih asal Filipina ini.

Sementara kapten tim Bima Perkasa Jogja, Yanuar Priasmoro mengatakan, kekalahan timnya dari Stapac Jakarta adalah karena rendahnya akurasi tembakan dan jumlah rebound. Sepanjang laga, persentase tembakan lapangan sukses anak-anak asuh Raoul Miguel Hadinoto ini cuma 32 persen dan total rebound hanya 38. Stapac sendiri mencatatkan 42 persen persentase tembakan lapangan sukses dan membuat total 58 rebound.

“Akurasi dan rebound kami kurang bagus. Selain itu, tim kami juga belum padu karena banyak pemain baru termasuk pemain asing. Pelatih Roul juga baru beberapa bulan bersama kami. Jadi memang tujuan besar kami di IBL, tidak masalah kalau kalah di sini,” kata Yanuar.

Dari laga Stapac kontra Bima Perkasa, point guard impor Stapac Dominique Williams menjadi yang terbaik di timnya dengan membuat 22 poin, tiga rebound dan lima assist. Di kubu Bima Perkasa, pemain impor Emilio Parks mengumpulkan angka terbanyak dengan 16 poin, tujuh rebound dan satu assist. Berikutnya di Pul B, Rabu (8/11), akan ada pertandingan Stapac versus Hangtuah Sumsel. Pemenang dari laga ini dipastikan menjadi juara Pul B dan berhak melaju ke semifinal Piala Perbasi 2017.

Sementara itu laga lainnya, Satya Wacana Salatiga menelan kekalahan kedua di Pool A turnamen bola basket nasional Perbasi Cup 2017, Selasa, setelah takluk dari Bank BJB Garuda Bandung dengan skor 51-61. Dengan kekalahan ini, Satya Wacana gagal ke babak selanjutnya menyusul kekalahan dari Pelita Jaya EMP Jakarta 92-46 pada Senin (6/11). Satria Muda (SM) Pertamina mengalahkan Siliwangi Bandung dengan skor 70-43.