Presiden Jokowi mendarat di Bandara Silangit beberapa waktu lalu

Jokowi Resmikan Terminal Bandara Internasional Silangit

SILANGIT (independensi.com) – Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan Terminal Bandar Udara Internasional Silangit di Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Jumat.

“Presiden hari ini dijadwalkan akan meresmikan Bandara Silangit yang saat ini sudah bisa melayani penerbangan internasional setelah sebelumnya domestik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Silangit, Jumat.

Menurutnya, segala persiapan seperti perluasan dan kelengkapan sesuai standar internasional sudah dilengkapi di bandara itu, sehingga saat ini sudah bisa didarati pesawat dari luar negeri khususnya Singapura.

Dalam peresmian tersebut, Presiden Jokowi yang didampingi sejumlah menteri akan berkeliling meninjau terminal bandara tersebut.

Sejumlah menteri sudah ada di Silangit sebelum Presiden Joko Widodo hadir, selain Menteri Perhubungan Budi Karya juga Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Bandara Silangit berkapasitas 500.000 penumpang per tahun ini dilengkapi dengan fasilitas CIQ (Bea Cukai, Imigrasi dan Karantina), landasan pacu 2.650 x 30 meter, dan PCN (tingkat kekerasan landasan) yang bisa mengakomodasi pesawat berbadan sempit sejenis Airbus A320 dan Boeing 737-800.

Bandara Silangit juga mengimplementasikan fitur bandara pintar (smart airport) dengan teknologi digital, antara lain berupa wi-fi gratis, layar jadwal bus dan penerbangan, pembayaran elektronik (e-payment), mesin tiket bus, informasi turis, cek in mandiri (self check-in), dan berbagai fitur digital.

PT Angkasa Pura II menyiapkan Bandara Internasional Silangit di Provinsi Sumatera Utara sebagai salah satu pionir penerapan konsep bandara pintar guna menunjang sektor pariwisata Danau Toba.

Bandara Internasional Silangit menjadi pionir bandara pintar di kategori bandara berkapasitas 500.000 penumpang melalui berbagai fasilitas berbasis digital guna menciptakan pengalaman pelanggan (customer experience) yang baik bagi para wisatawan mancanegara.

Berbagai fasilitas digital tersebut sudah dapat dipergunakan sejak 28 Oktober 2017 atau bersamaan dengan penerbangan rute Singapura-Silangit, yang merupakan rute luar negeri perdana di Bandara Internasional Silangit.

Fasilitas-fasilitas tersebut adalah jadwal bus bandara di mana para pengguna jasa bandara dapat mengetahui estimasi waktu melanjutkan perjalanan dengan moda transportasi ke tempat tujuan masing-masing.