Presiden Joko Widodo didampingi Mentan Amran Sulaiman saat meninjau program Peremajaan Sawit Rakyat seluas 1.200 hektare di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (27/11/2017). (Humas Kementerian Pertanian)

Dongkrak Produksi Sawit, Mentan Minta Petani Tetap Semangat

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman meminta petani sawit bekerja dengan semangat agar produksi sawit negara semakin meningkat.

“Ini benih punya potensi produktivitas 35 ton tandan buah segar (TBS). Berarti bisa menghasilkan sembilan ton CPO. Mari dirawat tanaman ini agar bisa berproduksi dengan baik, jangan semua diserahkan sama Tuhan, terus kita hanya menunggu hasilnya,” kata Mentan Amran saat meninjau program Peremajaan Sawit Rakyat seluas 1.200 hektare di Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Senin (27/11/2017).

Presiden Jokowi dan Mentan Amran Sulaiman. (Sumber: Humas Kementerian Pertanian)

“Ini program prioritas Bapak Presiden. Beliau perintahkan kepada kami, bukan saja sawit tetapi komoditas lainnya, seperti kopi, rempah-rempah, dan seterusnya,” lanjutnya.

Peningkatan produksi sawit, Amran menjelaskan salah satunya juga dengan melakukan pembukaan lahan, pendampingan kepada petani, pemberian bibit unggul serta pupuk gratis.

Amran juga menyetujui program Peremajaan Sawit Rakyat ini tidak hanya dilakukan di Serdang Bedagai, melainkan di daerah lain.

Dia juga mengupayakan benih produksi Socfindo yaitu Tenera DXP menjadi benih unggulan untuk diberikan kepada petani. Menurutnya, varietas bibit unggul tersebut bisa membantu petani meningkatkan produksinya.

“Mimpi besar kami, bagaimana produktivitas CPO ini naik. Yang sekarang ini dua ton sampai tiga ton rata-rata. Ini potonsi bisa sembilan ton per hektare,” ungkap Amran. (Berbagai sumber/jpnn.com)