Jalan Trans Papua Akan Bangkitkan Perekonomian Lokal

JAKARTA (IndependensI.com) – Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Papua Barat Yohanes Tulak Todingrara menyebut potensi ekonomi di jalur Trans Papua sangat besar. Tak hanya wisata tapi juga bisa menjadi pemicu tumbuhnya permukiman baru.

Kehadiran Jalan Trans Papua juga membuka potensi perekonomian lokal, terutama potensi pariwisata yang selama tersembunyi.

Kawasan yang dulunya sangat sulit dijangkau seperti dari Ayawasi di Kabupaten Maybrat menuju jalur jalan Petik Bintang kini sudah terbuka. Jalur ini sebelumnya sangat sulit dilalui kendaraaan karena  tebing curam dan kondisi jalan yang licin dan rentan longsor saat hujan.

Namun dengan adanya pembangunan,  perjalanan dari Kabupaten Maybrat menuju Kota Manokwari sudah bisa dilalui dengan cukup aman meski perlu terus perbaikan geometri. Terbukanya jalur ini menjadi pemicu pengembangan potensi pariwisata yang mempesona para pelintas.

“Harapan kita sepanjang program ini tumbuh permukiman baru. Disini potensi wisata pemandangan alam yang bagus,” pungkasTulak. (***)