Ilustrasi. (Dok/Ist)

Penyerapan Anggaran Asian Games 2018 Ditarget

JAKARTA (IndependensI.com) – Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) menargetkan penyerapan anggaran persiapan pelaksanaan pesta multicabang olahraga tingkat Asia ini mencapai 95 persen dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sebesar Rp 2 triliun.

“Penyerapan anggaran hingga awal Desember 2017 mencapai 70 persen. Kami berharap penyerapan mencapai 95 persen pada akhir Desember,” kata Ketua INASGOC Erick Thohir seperti dikutip dari Antara, Senin (11/12). INASGOC, lanjut Erick, menyepakati sejumlah mata anggaran yang bersifat lintas tahun (multiyear) seperti persiapan upacara pembukaan dan penutupan, penyediaan sarana teknologi informasi, dan penyiaran.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal INASGOC Eris Herryanto mengatakan, penyerapan terbesar pada mata anggaran penyiaran yang mencapai US$ 59 juta. “Bidang teknologi informasi ada bagian sistemnya, sarana-prasarana fisik, dan penyewaan cloud yang mencapai US$ 19 juta,” kata Eris.

Lebih jauh Eris mengatakan, penyerapan lain adalah pengadaan komputer untuk arena-arena pertandingan yang mencapai 4.000 unit. “Kami masih menjadwalkan sejumlah kegiatan yang belum terbayar pada Desember ini, termasuk pertemuan dengan komandan-komandan kontingen dari para peserta Asian Games,” imbuh Eris.

INASGOC, menurut Eris, perlu melakukan penyerapan anggaran hingga mencapai 95 persen agar Kementerian Keuangan memberikan anggaran 2018 secara normal. “Anggaran bagi kami yang telah disetujui dalam APBN 2018 adalah Rp1,79 triliun,” kata Eris lagi.