Penyerang Liverpool Mohamed Salah melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Bournemouth dalam lanjutan Lingga Inggris, Minggu (17/12/2017).

Liverpool Kembali ke Empat Besar, MU Menang Tipis Lawan West Brom

LONDON (Independensi.com) – Liverpool menang besar ketika bertandang ke Stadion Vitality, markas Bournemouth, Minggu (17/12/2017). Philippe Coutinho dan Mohamed Salah mengemas gol-gol individual yang indah ketika Liverpool kembali ke empat besar Liga Inggris berkat kemenangan 4-0 atas Bournemouth.

Coutinho membuka keunggulan timnya pada menit ke-20 dengan melakukan gerakan “slalom” melalui sisi kanan pertahanan Bournemouth dan menyelesaikan pergerakannya dengan sepakan yang masuk ke sudut bawah gawang.

Dejan Lovren menggandakan keunggulan dengan tandukan dari jarak dekat enam menit kemudian, dan Salah mengubah skor menjadi 3-0 sebelum turun minum dengan melewati bek Charlie Daniels di sisi kanan dan menaklukkan kiper Asmir Begovic dengan tembakan kaki kiri.

Coutinho melepaskan umpan silang untuk pemain Brazil lainnya Roberto Firmino untuk ditanduk menjadi gol keempat Liverpool, pada menit ke-66.

Gol Salah merupakan gol ke-20nya musim ini di semua kompetisi dan membuat dia unggul dua gol atas penyerang Tottenham Hotspur di daftar pencetak gol terbanyak Liga Inggris, dengan koleksi 14 gol.

Liverpool kini tidak terkalahkan dari sembilan pertandingan liga dan naik ke peringkat keempat di klasemen, unggul satu poin atas Arsenal, yang turun ke peringkat kelima. Bournemouth tidak pernah menang dalam enam pertandingan terakhirnya di liga dan tetap berada di peringkat ke-16, hanya unggul satu poin di atas zona degradasi.

Liverpool mendominasi pertandingan dan akan unggul dengan selisih gol yang lebih banyak besar jika tendangan bebas Coutinho pada menit ke-11 tidak membentur bagian dalam tiang gawang dan memantul melintasi mulut gawang. Alex Oxlade-Chamberlain dan Danny Ings juga memiliki peluang yang mengenai tiang gawang untuk tim tamu pada babak kedua.

Bournemouth memiliki peluang untuk memperkecil ketertinggalan saat masih tertinggal 0-2, namun sepakan mendatang Jermain Defoe membentur tiang gawang dan dapat diamankan kubu “Si Merah.”

MU Layak Menang

Di tempat terpisah, klub Manchester United menang 2-1 atas West Bromwich Albion di The Hawthorns pada Minggu (17/12/2017). MU selamat dari gempuran di fase akhir pertandingan untuk menang 2-1 atas West Bromwich Albion di The Hawthorns pada Minggu, dan mendekat 11 poin dengan pemuncak klasemen Liga Spanyol Manchester City.

Penyerang United Romelu Lukaku mencetak gol ke-15nya musim ini pada menit ke-27 dengan menanduk bola umpan silang Marcus Rashford dari sayap kiri. Gelandang Jesse Lingard menggandakan keunggulan “Setan Merah” melalui tembakan yang terdefleksi dari tepi kotak penalti delapan menit kemudian.

Jesse Lingard (kiri) dan Romelu Lukaku (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol saat melawan West Brom Albion, Minggu (17/12/2017)

United terlihat akan mendulang kemenangan mudah, namun West Brom memberikan tekanan nyata bagi pasukan Jose Mourinho ketika pemain pengganti Gareth Barry mencetak gol dari jarak dekat menyusul tendangan sudut pada menit ke-77.

“Menurut saya, kami layak menang,” kata Mourinho kepada Sky Sports. “Kami merupakan tim terbaik. Kami mengendalikan permainan untuk kurun waktu yang lama.” United menyia-nyiakan peluang untuk memastikan kemenangan ketika Rashford melepaskan tembakan kaki kanan yang melebar pada menit ke-57 dan tembakan Lingard mengarah lurus ke kiper West Brom Ben Foster.

Mereka kemudian justru lengah pada situasi bola mati untuk membuat Barry dapat mencetak gol, dan beruntung tidak kemasukan gol penyama kedudukan ketika Jay Rodriguez menanduk bola melebar dari jarak dekat saat laga tinggal menyisakan lima menit.

“Kami memiliki beberapa peluang untuk memastikan kemenangan namun saya tahu mereka akan bereaksi,” tambah Mourinho. “Intensitas pada babak pertama mungkin kami tidak melakukannya pada babak kedua.” Manajer West Brom Alan Pardew, yang dipekerjakan pada bulan lalu setelah Tony Pulis dipecat, melakukan satu perubahan dari tim yang bermain imbang 0-0 dengan Liverpool pada Rabu.

“Tim yang saya pilih, dengan meninjau ke belakang, bukan tim yang tepat,” kata Pardew. “Saya semestinya meletakkan kaki-kaki yang segar di sini, namun mereka tampil begitu bagus saat melawan Liverpool, saya adalah manajer baru, saya ingin memperlihatkan kepercayaan kepada sejumlah pemain.” “Namun saya semestinya melakukan dua atau tiga perubahan. Kami terlihat kelelahan.” (antara/kbn)