Sekitar 6.000 Ketua RT-RW di Makassar Terima HP Android

MAKASSAR (IndependensI.com) – Sekitar 6.000 Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT-RW), tepatnya sebanyak 5.971 RT-RW di Makassar, menerima pembagian telepon genggam (HP) android dari Pemerintah Kota Makassar.

“Pembagian smart phone ini untuk menunjang kinerja dari para ketua RT dan RW kita dan hari ini yang menerima itu cuma simbolis saja tapi semuanya akan terima,” ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Makassar Iskandar Lewa di Makassar, Selasa (19/12/2017).

Ia mengatakan, dari jumlah ketua RT dan RW itu, pihaknya hanya memberikan secara simbolis sebanyak 176 unit yang langsung dilakukan oleh Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto pada acara refleksi akhir tahun Pemkot Makassar.

Iskandar menjelaskan penyerahan akan dilakukan secara bertahap. Alasan penyerahan android memilih kecamatan Ujung Pandang ini sebagai awal dikarenakan secara kelengkapan berkas administrasi sudah lengkap.

Salah satunya, kata dia, adalah pernyataan RT-RW terkait kesiapan mempergunakan barang tersebut sebaik-baiknya karena merupakan aset pemerintah kota.

“Jadi tadi diserahkan pak wali kota secara simbolis sejumlah 37 unit dari 176 yang akan dibagikan di kecamatan itu. Penyerahan diawali di kecamatan Ujung Pandang karena berdasarkan rapat baik dari badan aset maupun bagian perlengkapan dianggap berkas kelengkapan administrasinya sudah lengkap,” katanya sebagaimana diberitakan Antara.

Dengan demikian, lanjut Iskandar, penyerahan android untuk RT/ RW di Kecamatan Ujung Pandang telah rampung. Selanjutnya, pendistribusian akan dilakukan di Kecamatan Manggala.

Dia juga mengatakan, pihaknya terus menunggu laporan dari masing-masing kecamatan jika segala berkas administrasi sudah lengkap, ia akan langsung turun ke lokasi membawa perangkat tersebut.

BPM sendiri mengaku telah membagi 15 titik atau sebanyak jumlah kecamatan di kota Makassar dalam rangka pendistribusian tersebut.

Ada pun mekanisme sebelum dilakukan serah terima barang kepada RT/ RW penerima yakni dengan membuka satu persatu perangkat smart phone ini yang disaksikan bersama penerima. Tujuannya guna memastikan android diterima dalam keadaan baik.

“Kami dari tim Bagian Perlengkapan, Aset, bersama Dinas Infokom yang juga disaksikan penerima harus memastikan barang diterima dalam keadaan utuh, tidak lecet, atau rusak,” jelasnya.

Ditambahkannya, pendistribusian ini dipastikan rampung secepatnya, tergantung laporan kesiapan segala administrasi menerima perangkat tersebut dari setiap kecamatan.

“Kalau besok pagi, kecamatan Manggala siap dan siangnya kecamatan lain bahkan jika ada jam 12.00 malam pun kita siap bagikan,” terangnya.

Ada pun smart phone sejumlah 5.971 unit itu barangnya sudah tersedia lengkap dengan sim card dan segala fasilitas aplikasi untuk mendukung kinerja RT/RW bersangkutan.