Kei Nishikori

Nishikori Batal Ikut Australian Open

JAKARTA (IndependensI.com) – Kai Nishikori batal mengikuti Australian Open. Bintang tenis Jepang itu merasa tidak siap tampil di Grand Slam pembuka ini karena belum mampu mengatasi cedera peregelangan tangan.

Petenis nomor satu di Asia itu belum tampil di turnamen kompetitif sejak Agustus 2017 setelah mengalami cedera otot tendon pergelangan tangan dalam sesi latihan di Cincinnati.

“Dengan amat menyesal saya mengumumkan bahwa saya tidak akan ikut Aussie Open tahun ini,” kata Nishikori di laman pribadinya, Kamis (4/1/2018).

“Aussie Open adalah Slam favorit saya… Turnamen ini adalah Slam ‘kandang’ saya. Slam ini diikuti para pemain hebat. Rasanya menyakitkan saya absen tahun ini.”

“Pemulihan saya berjalan baik tapi saya belum 100 persen siap untuk kembali bermain hingga lima set,” ujarnya.

Di laman pribadinya, Nishiori juga menulis mundur dari Brisbane Open. Atlet berusia 28 tahun, yang pernah mencapai peringkat empat dunia pada 2015, mengatakan lebih memilih rehabilitasi ketimbang operasi.

Nishikori menutup 2017 dengan rekor cukup bagus yaitu 30 kali menang dan 13 kali kalah. Juara 11 turnamen ATP itu berhasil lolos ke putaran empat Australian Open tahun lalu. Waktu itu langkahnya dihentikan Roger Federer dalam pertarungan lima set. Federer menutup turnamen tersebut sebagai juara.

Nishikori bukan satu-satunya pemain yang dibelit cedera. Sejumlah nama besar lain masih berjuang memulihkan diri untuk berlaga di Melbourne Park.

Mantan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic dan Andy Murray sama-sama diragukan bisa tampil di turnamen yang akan dimulai pada 15 Januari 2018 ini.

Djokovic, kolektor 12 trofi Grand Slam, belum bermain lagi sejak mundur dari perempat final Wimbledon karena cedera siku pada Juli 2017.

Dia sudah membatalkan jadwal tampil pada pertandingan ekshibisi di Abu Dhabi dan Qatar Open. Tapi pada Rabu (3/1/2018) malam dia mengatakan akan menjajal kekuatan sikunya dengan mengikuti Kooyong Classic di Melbourne dan turnamen Tie Break Tens di kota yang sama.

Murray juga masih berjuang memulihkan diri. Dia mundur dari Brisbane International untuk memulihkan pinggul kanannya. Cedera itu membuatnya absen dari turnamen sejak Wimbledon.