Van Dijk Berpeluang Dimainkan Liverpool di Piala FA

LONDON (IndependensI.com) – Virgil van Dijk, pemain bertahan termahal di dunia, berpeluang melakukan debutnya untuk Liverpool saat melawan tim sekota Everton di Anfield pada Jumat (5/1/2018) malam, pada pertandingan pembukaan putaran ketiga Piala FA.

Bek tengah itu dapat dimainkan setelah proses registrasinya diselesaikan menyusul kepindahannya dengan transfer senilai 75 juta pound dari Southampton.

Manajer Juergen Klopp belum mengatakan apakah ia berniat langsung memainkan pemain Belanda itu, khususnya pada pertandingan besar, namun Van Dijk kemungkinan siap tampil setidaknya menghuni bangku pemain cadangan.

Komposisi tim asuhan Klopp diperumit oleh laporan-laporan media Inggris yang mengatakan Barcelona siap mengajukan penawaran untuk pemain Brazil Philippe Coutinho. Sementara itu, Mohamed Salah dan Sadio Mane kemungkinan tidak tampil pada pertandingan Jumat (5/1/2018), setelah manajer asal Jerman itu setuju untuk mengizinkan mereka menghadiri upacara pemberian penghargaan Pemain Terbaik Afrika di Ghana pada Kamis (4/1/2018).

Pesawat terbang pribadi akan membawa mereka kembali pulang di mana Klopp terlihat rileks dengan berbagai penyesuaian yang harus dilakukannya. “Kami memiliki dua dari tiga pemain terbaik Afrika di skuad kami. Kami harus menghormati mereka. Kami akan tidur di hotel pada malam sebelum pertandingan, mereka akan tidur di pesawat terbang. Itu saja perbedaannya,” tuturnya.

Dengan Manchester City begitu jauh memimpin di klasemen Liga Inggris, Piala FA, yang terakhir dimenangi Liverpool pada 2006, mungkin menjadi peluang terbaik Klopp untuk memenangi trofi pertamanya di klub, meski Everton selalu memberikan rintangan yang berat. Bulan lalu mereka bermain imbang 1-1 di Anfield dan tidak pernah kalah pada pertandingan ajang piala dari tim sekotanya itu.

Keempat derby Anfield di Piala FA, terhitung telah berlangsung 116 tahun, berakhir dengan hasil imbang, yang terkini adalah imbang 1-1 pada 2009 ketika Everton memenangi pertandingan ulangan.

Teknologi VAR Pertandingan lain pada Jumat akan mempertemukan juara 2016 Manchester United dengan Derby County, yang menghuni peringkat kedua di Championship, sedangkan tetangga mereka akan bermain melawan Burnley pada Sabtu.

Untuk membuat cemas para sosok “pecinta kemurnian sepak bola,” pertandingan-pertandingan akan dimainkan dalam rentang waktu empat hari di mana pertandingan terakhir pada Senin antara Brighton & Hove Albion dan Crystal Palace menandai pertama kalinya video asisten wasit (VAR) akan digunakan pada pertandingan utama di Inggris.

Teknologi itu akan membatasi tiga situasi “pengubah permainan” — gol, penalti, dan kartu merah langsung — dalam kondisi tepat waktu ketika para wasit telah dikritik karena kerap mengambil keputusan penting yang keliru.

Pekan lalu di liga, Arsenal harus menelan pil pahit akibat “handball” yang berbuah keputusan penalti dan berujung gol penyama kedudukan untuk West Bromwich Albion. Sang juara bertahan Piala FA akan mengharapkan keberuntungan yang lebih baik ketika mereka memulai misinya untuk mempertahankan piala, dengan bekal tiga kemenangan dalam empat tahun di markas Nottingham Forest yang saat ini tidak memiliki manajer pada Minggu.

Shrewsbury merupakan salah satu tim divisi bawah yang akan memainkan pertandingan putaran ketiga melawan tim dari strata lebih tinggi. “The Shrews,” yang menghuni peringkat kedua di kompetisi strata ketiga League One, akan menghadapi West Ham United yang memprioritaskan selamat dari ancaman degradasi dan memainkan pertandingan ketiga mereka dalam enam hari.

Tim papan bawah lain dari Liga Inggris, West Brom, mungkin mendapat masalah saat bermain di markas tim League Two Exeter City, sedangkan finalis musim lalu Chelsea akan melawat ke markas Norwich City dari Championship.

Tidak biasanya, tidak ada tim non liga yang menembus putaran ketiga, namun undian mempertemukan sejumlah pemain dengan bekas timnya.

Pertemuan paling populer adalah pemain Leicester City Jamie Vardy, yang kembali ke Fleetwood Town, yang merupakan tim non liga ketika sang penyerang hengkang pada 2012 setelah mencetak 31 gol dari 36 pertandingan.

Fleetwood, yang kini dilatih oleh mantan penyerang Leicester City Uwe Rosler, telah menanjak saat tidak lagi diperkuat oleh Vardy dan kini berada di peringkat ke-12 di League One.

Mungkin keceriaan terbesar di putaran ketiga akan terdengar di markas Brentford, Griffin Park, di mana pemain internasional Republik Irlandia Alan Judge akan memainkan pertandingan pertamanya dalam 21 bulan, melawan bekas timnya Notts County.

Gelandang itu tidak bermain sejak mengalami patah kaki di tiga tempat saat melawan Ipswich Town pada April 2016, namun telah diberitahu oleh manajer Dean Smith bahwa, setelah duduk di bangku pemain cadangan Brentford pada beberapa pertandingan, ia akan dimainkan pada Sabtu.

Cedera mengerikan Judge yang membutuhkan dua operasi untuk memulihkan diri dan membuyarkan peluang pemain 29 tahun ini untuk tampil di Piala Eropa 2016 dan kepindahan ke klub Liga Inggris.

“Saya tidak menonton sepak bola selama setahun,” ucapnya menjelang penampilannya. “Saya sedikit menonton di sini atau di sana, namun saya tidak menyaksikan Brentford bermain selama setahun, sampai saya tahu saya telah bugar dan saya tahu saya dapat kembali.” Pada Sabtu, penantian panjang itu akan usai. (antara/reuters)