Derita dan Kemesraan Ahok - Veronica Akankah Segera Berlalu?

Surat Gugatan Cerai Ahok dan Siksaan Politik yang Teramat Berat Bagi Veronica

JAKARTA (IndependensI.com) – Benar nggak berita Ahok menggugat cerai istrinya Veronica di PN Jakarta Utara? Di mata para pendukung Ahok, berita itu seperti petir di siang bolong. Derita apa lagi yang datang kepada Ahok?

Selama ini hubungan Ahok dan keluarga terlihat tenteram dan harmonis, meski pun Ahok harus mendekam di penjara. Veronica Tan pun disanjung sebagai seorang istri yang kuat atau wanita tangguh, karena tetap tegar, sabar meski suaminya diperlakukan tidak adil oleh politik kotor dalam Pilkada DKI Jakarta. Veronica juga rajin mengunjungi Ahok di Rutan Brimob, Kelapa Dua Depok.

“Rasanya tidak percaya, semoga berita itu tidak benar,” kata Budianto, warga Depok yang merupakan salah satu pendukung Basuki Tjahjana Purnama (BHP) alias Ahok. Budi pun berusaha mencari-cari informasi tentang kebenaran berita seputar beredarnya surat gugatan cerai Ahok terhadap istrinya Veronica Tan.

Namun karena sudah diberitakan media mainstream, Budi pun akhirnya semakin yakin akan kebenaran berita itu. Sebagaimana diberitakan, Mantan Gubernur DKI Jakarta, Ahok menggugat cerai istrinya Veronica Tan di Pengadilan Negari (PN) Jakarta Utara.

Pemberitaan yang muncul di media online sejak Minggu (7/1/2018) malam langsung menggegerkan. Meski informasinya masih simpang siur, tetapi banyak yang meyakini kebenaran berita itu. Namun tidak sedikit juga menganggap pemberitaan itu hanya hoax, tidak benar dan ada pihak-pihak tertentu yang sengaja mengusik kehidupan keluarga Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Namun pertanyaan yang tak kalah penting, kalau pun berita itu benar, apakah yang menjadi dasar perceraian itu? Ribut dalam ramah tangga adalah hal biasa. Tidak ada satu keluarga pun di dunia ini yang tidak pernah selisih paham antara suami dan istri. Itu hal yang normal dan lumrah terjadi.

Sejumlah media nasional sudah mengkonfirmasi ke PN Jakarta Utara dan membenarkan gugatan cerai Ahok kepada istrinya Veronica Tan. Menurut Panitera Muda PN Jakarta Utara, Tarmizi di Jakarta, Senin (8/1/2018) pagi, surat gugatan cerai itu masuk pada hari Jumat (5/1/2018) pekan lalu. “Suratnya masuk Jumat pukul 14.30 WIB. Surat gugatan itu dimasukkan jelang tutup kantor, jadi belum ada yang tahu,’ kata Tarmizi sebagaimana dikutip Detik.com.

Disebutkan Tarmizi, surat itu diserahkan oleh kantor pengacara melalui Fifi adik Ahok. Surat itu sudah ditandatangani Ahok di atas materai 6000. Juga ada tanda tangan Leti, Adik Ahok.

Berita seputar surat gugatan cerai Ahok kepada Veronica langsung meramaikan media sosial. Sejumlah netizen pun masih penasaran dengan kebenaran berita Ahok menggugat cerai Veronica Tan tersebut. Banyak juga yang menyayangkan apabila surat gugatan cerai itu benar adanya. “Kemungkinan surat gugatan cerai itu benar, bukan hoax,” tulis Ade Armando, Dosen Universitas Indonesia.

Menurut Ade Armando, dirinya tentu ikut sedih mendengar berita itu. Perceraian adalah hal yang memprihatinkan dan berat untuk dijalankan. “Saya sedih karena Ahok, Veronica dan anak-anak mereka adalah kumpulan manusia yang dikorbankan karena Ahok berusaha menegakkan kebenaran dan melawan kezaliman,” katanya.

Tapi saya percaya, lanjutnya, bahwa cobaan hidup adalah hal yang wajar dalam kehidupan manusia. Allah justru akan memberikan cobaan demi cobaan yang berusaha menegakkan perintah-perintahNYA di dunia ini. Ahok dan keluarga sedang menghadapi cobaan untuk naik ke kelas berikutnya.

Tentang alasan perceraian, itu tentu adalah uurusan mereka. Ahok dan Veronica adalah dua manusia dewasa yang tentu tahu apa yang terbaik bagi diri mereka dan keluarga mereka. Urusan keluarga bukanlah urusan publik. STAY STRONG PAK AHOK. STAY STRONG BU VERO. STAY SRONG NATHANIA, NICOLAS, DAUD. Percaya deh Allah tidak akan membebani cobaan di luar kemampuan kita.by.Ade Armando.

Netizen lain membenarkan bahwa gugatan cerai Ahok kepada istrinya karena istrinya Veronica Tan sudah tidak tahan dengan menghadapi situasi yang ada. Politik itu kejam, politik itu jahat. Dan itu berlaku bagi Ahok dan istrinya Veronica. Siksaan politik itu teramat berat bagi Vero, sehingga konon katanya, Veronica mendesak Ahok untuk menceraikannya.

Benarkah isu itu menjadi dasar perceraian Ahok dan Veronica? Kabarnya, Veronica mengalami tekanan mental begitu berat sebelum dan pasca Ahok di penjara. Banyak pihak memang yang menunjukkan simpati dan menguatkan Veronica atas musibah yang dihadapi Ahok dan dirinya.

Karena itu selama ini Veronica kelihatan tetap kokoh dan masih bisa menebar senyum ketika bertemu rekan, keluarga maupun pendukung Ahok.

Tapi sebagai manusia biasa, dalam hati Veronica sesungguhnya hancur lebur. Ibaratnya sudah jatuh ketimpa tangga pula. Namun selama ini berusaha ditutup-tutupinya.  Vero juga harus datang tiap hari berkunjung ke Rutan Mako Brimob untuk mengunjungi suaminya.

Secara manusiawi, kondisi itu tentu teramat sangat berat. Dulu ketika menjadi istri gubernur selalu disanjung, di puji dan dihormati. Tiba-tiba dalam sekejab semuanya berubah 180 derajat. “Namun, hal itu bukan alasan kuat untuk meminta cerai, karena dalam janji pernikahan suci dulu sepakat bahwa dalam susah atau senang selalu setia antara suami dan istri hingga ajal menjemput,” kata seorang Netizen bernama Effa.

Sejumlah pendukung Ahok yang dikonfirmasi IndependensI.com belum berani membenarkan seputar surat gugatan cerai Ahok kepada istrinya Veronica Tan. “Saya mendapat berita itu, tetapi masih perlu dikonfirmasi langsung ke Pak Ahok. Di grup-grup WA sudah rame dibicarakan perihal kebenaran isu tersebut.

Seharusnya, kami bertemu dengan Pak Ahok akhir Desember lalu atau Tahun Baru ini. Namun belum kesampaian. “Kami akan segera bertemu dengan Pak Ahok untuk mengetahui kebenarannya,” kata Lolita Chelvita.

Di sisi lain, belakangan terdengar sayup-sayup bahwa kemungkinan gugatan perceraian diajukan Ahok karena adanya pihak ketiga yang menyelinap di tengah kesedihan seorang Veronica Tan. Wanita memang kadang sangat lemah dan rapuh. Apapun juga penyebabnya nanti akan terungkap dalam sidang pengadilan.

Namun satu hal yang pasti, perceraian dua anak manusia ini sangat disayangkan oleh banyak pihak, terutama para pendukungnya yang masih sangat mencintai Ahok-Veronica dan ingin melihat mereka suatu saat nanti berbahagia pasca Ahok bebas dari penjara 2019 mendatang.

Tapi nasib berkata lain, Ahok menggugat cerai Sang Istri yang telah memberinya tiga orang anak yakni dua putra ganteng dan seorang putri cantik. Drama derita Ahok pun terus berlanjut, entah sampai kapan? (berbagai sumber/kbn)