Baliho menyambut Asian Gmaes 2018 di kawasan Gekora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. (Dok/Ist)

Wakapolri Pimpin Kontingen Indonesia

JAKARTA (IndependensI.com) – Wakapolri Komisaris Jenderal Syafruddin setelah ditunjuk sebagai Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia pada Asian Games 2018 langsung bergerak cepat yang salah satunya menjalani komunikasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

“Saya tiga tahun berkantor disini. Jadi saya tahu betul apa yang dilakukan KONI. Maka setelah saya ditunjuk sebagai CdM tiga pekan lalu, saya langsung berkunjung kesini. Ini pertama kali kunjungan saya sebagai CdM,” kata Syafruddin seperti dikutip Antara, Senin (8/1). Menurut dia, apa yang dilakukan bukan hanya sebatas koordinasi namun juga untuk mencari data penunjang sebagai CdM. Pihanya menyadari jika data atlet terutama yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 berada di KONI sebagai induk organisasi cabang olahraga di Indonesia.

“KONI adalah dapur olahraga. Jika pemerintah sebagai administrator maka KONI itu sebagai operator,” kata pria bintang tiga itu. Selain butuh data, Syafruddin menjelaskan jika pihaknya membutuhkan peta kekuatan atlet Indonesia. Apalagi pada Asian Games 2018 Jakarta-Palembang ada 40 cabang olahraga yang dipertandingkan. Namun, pihaknya juga terus mencari dengan cara yang lain. “Saya sudah dapat gambaran. Yang jelas kami harapkan semua cabang olahraga untuk segera melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) karena Asian Games sudah tidak lama lagi,” kata pria asal Makassar, Sulawesi Selatan itu.

Ketika ditanya berapa anggaran yang dialokasikan untuk CdM, Syafruddin menolak memberikan penjelasan. Pihaknya hanya mengatakan jika persiapan atlet secara administrasi dilakukan oleh Kemenpora sedangkan untuk operasional selama ini dikendalikan oleh KONI. Untuk masalah anggaran, Syafruddin menegaskan ada atau tidak ada pihaknya akan tetap menjalankan tugas yang sudah diemban sejak tiga pekan lalu itu. Bahkan, penunjukan dilakukan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Demi memaksimalkan kinerja, pihaknya bakal membentuk tim CdM yang personelnya berasal dari banyak pihak mulai dari Kemenpora, KONI, KOI, militer serta pihak lain seperti dari kalangan wartawan. “Semua akan sama-sama untuk mensukseskan Asian Games 2018,” kata Syafruddin menegaskan.