Tim PGN Popsivo Polwan dan ofisial tim berfoto bersama pelatih asal Thailand, Apichat Kongsawat pada acara peluncuran tim di Jakarta, Selasa (16/1). (Istimewa)

PGN Popsivo Polwan Bidik Juara Proliga 2018

JAKARTA (IndependensI.com)  – Dalam rangka menghadapi ajang bola voli bergengsi bertajuk Proliga 2018, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN), secara resmi memperkenalkan tim binaannya, PGN Popsivo Polwan. PGN memberikan target juara bagi tim putri binaannya di ajang kompetisi bola voli tertinggi di Tanah Air itu. Proliga 2018 sendiri akan dimulai pada 19 Januari 2018. Putaran pertama kompetisi tertinggi bola voli tanah air ini akan berlangsung di tiga kota, yakni GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), GOR Tumenggung Abdul Jamal Batam, dan GOR Tri Dharma Gresik.

Direktur Utama PT PGN (Persero) Jobi Triananda Hasjim mengatakan, PGN dengan tagline-nya menyalurkan energi baik, akan terus berkomitmen mendukung olahraga khususnya voli dan balap sepeda. PGN juga melihat ini adalah olahraga yang mudah di masyarakat. Jika sebelumnya PGN Popsivo Polwan hanya mampu meraih posisi ketiga di Proliga 2017, kali ini PGN menargetkan bisa menjadi juara.

“Selain itu, kami juga menargetkan klub voli kami bisa memasok sebanyak-banyaknya untuk tim nasional. Saat ini, baru 60 persen yang berasal dari Popsivo Polwan dan Bhayangkara Samator,” ujar Jobi usai acara peluncuran tim PGN Popsivo Polwan di Jakarta, Selasa (16/1). Jobi juga berjanji akan mendukung cabang olahraga lainnya yang digemari masyarakat. “Doakan agar PGN bisa menjadi lebih besar lagi, sehingga bisa mendukung cabang olahraga lain.” imbuhnya. Selain tim PGN Popsivo Polwan, juga diluncurkan secara resmi tim putra Bhayangkara Samator.

Demi peningkatan prestasi, tim binaan PGN sudah merekrut pelatih anyar dari Thailand, Apichat Kongsawat. Apichat dikenal sebagai mantan pelatih tim nasional voli Negara Gajah Putih pada 2013. Apichat juga tercatat sebagai pelatih yang membesut tim nasional voli putri Thailad saat berkiprah di ajang FIVB Girls U18 World Championship 2013 silam. Bergabungnya Apichat ini diharapkan dapat membesut semangat dan performa Tim Putri PGN Popsivo Polwan yang pada musim lalu hanya menjadi juara tiga di bawah Jakarta Elektrik PLN dan Jakarta Pertamina Energi.

Selain pelatih anyar, skuat ini juga menampilkan wajah-wajah baru untuk semakin memperkuat tim. Beberapa pemain anyar itu direkrut dari tim Bank Jatim, seperti Megawati Hangestri, Rianita Panirwan, Dhini Indah Sari, dan Faiska Dwi Permata Sari. Kemudian, sosok Amalia Fajrina yang musim lalu sempat absen karena mengikuti pendidikan kepolisian juga dipastikan bisa turut berlaga. Penampilan Amalia cukup dinanti karena ia kerap menjadi pemain kunci dalam pertandingan PGN Popsivo Polwan.

Pihak manajemen tim PGN Popsivo Polwan juga menghadirkan satu pemain asing untuk memperkuat tim. Kini, Tim PGN Popsivo Polwan turut didukung oleh Fan Xiancheng, pemain asal Negara Tirai Bambu yang pernah bergabung di Tim Nasional Junior Tiongkok. Tak berhenti di sini, dukungan PGN untuk olahraga nasional juga akan berlanjut dalam perhelatan Asian Games 2018 yang akan berlangsung di dua lokasi Jakarta dan Palembang.

Pada ajang Proliga 2018 sendiri, Jobi berharap PGN Popsivo Polwan bisa memperbaiki peringkat dibandingkan prestasi yang diraih tahun sebelumnya. “Dengan merekrut pelatih baru, kami berharap Popsivo bisa memperbaiki peringkat. Selain itu, kami berharap kejuaraan ini mampu melahirkan bibit atlet voli yang berkualitas dan berprestasi, baik di ajang nasional maupun internasional,” tutur Jobi.

Sinergi PGN dan Polri dalam menyalurkan energi baik ini selain dalam bentuk olahraga, juga terwujud dalam sinergi penyaluran gas bumi untuk masyarakat. Dalam hal ini, Polri berkomitmen untuk bekerjasama dengan PGN dalam hal pengamanan objek vital nasional milik PGN sehingga peningkatan daya saing perekonomian nasional dapat tetap terjaga.

Berikut susunan tim PGN Popsivo Polwan:

Pelatih:
Apichat Kongsawat

Asisten Pelatih:
Dwi Sari
Ayip Rizal
Nico Dwi Purwanto
Achmad Fadli

Pemain:
Amalia Fajrina Nabila
Rianita Panirwan Hastia
Faiska Dwi Permata Ratri
Novita Dinda Pratama
Dewi Wulandari
Sari Widowat
Elsa Permata Sakti
Dhini Indah Sari
Megawati Hangestri Pertiwi
Efa Sri Susilowati
Arsella Nuari Purnama
Agfarida Desy Maharani
Susilawati
Desti Laraswati
Fajriahni Ema Herawati
Fan Xiang Chen